Tiga Bus Ngebut di Jalan Raya, Membahayakan Pengguna Jalan Lain

Kompas.com - 29/06/2021, 11:02 WIB
Bus ugal-ugalan INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDOBus ugal-ugalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia di Instagram memperlihatkan kelakuan bus yang ugal-ugalan. Terlihat tiga bus mengambil lajur berlawanan dan dalam kecepatan tinggi.

Beruntung perekam berhasil mengurangi laju kendaraannya dan sedikit bergerak ke pinggir. Jika tetap di tengah jalan, bisa jadi bus gagal mengerem dan akhirnya malah menabrak kendaraan tersebut.

Memanggapi kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kelakuan pengemudi bus tadi sudah kelewatan, berbahaya dan mengancam nyawa orang lain.

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Tuas Spion Tengah di Mobil, Ternyata Ini Manfaatnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di jalan raya itu harus tertib dan sopan, gunakan akal sehat dan pikirkan risiko terburuk. Jadi enggak ada gunanya cepat tapi berpotensi tabrakan,” kata Sony kepada Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Selain itu, yang dilakukan perekam juga sangat baik, lebih baik mengalah untuk mengamankan diri. Jika tetap ngotot dan bertahan di jalurnya, tabrakan dengan bus tentu bisa berakibat fatal.

Baca juga: Lelang Mobil Dinas, Kijang Innova Mulai Rp 60 Jutaan

“Adu banteng dengan bus banyak ruginya. Dikejar untuk minta ganti rugi juga belum tentu punya duit,” ucap Sony.

Jadi cara paling aman ketika melihat bus yang ugal-ugalan adalah segera menepi ke tepi jalan. Walaupun bisa mengalami lecet, tetapi itu lebih baik daripada ditabrak dan bisa kehilangan nyawa.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X