Cegah Penularan Covid-19, Begini Tips Merawat AC Mobil

Kompas.com - 29/06/2021, 06:38 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia membuat sebagian besar masyarakat Indonesia menjadi khawatir. Apalagi dengan adanya varian  baru yang lebih mudah menyebar dan menular.

Salah satu media yang dapat menularkan virus yakni udara, maka dari itu kebersihan udara terutama di dalam mobil juga harus dijaga agar selalu bersih.

Komponen utama yang harus dibersihkan pada interior mobil yakni AC mobil.

Baca juga: Pengemudi Arogan, Innova Ngotot Lawan Arah hingga Mengancam Memukul

Cara kerja AC mobil menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali via kisi AC di dasbor atau blower di atap.

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut dapat menyebabkan virus menyebar melalui udara AC dan berpotensi menularkan orang yang berada di dalam kabin mobil. Oleh sebab itu, perlu adanya langkah untuk membersihkan AC mobil untuk mencegah penularan virus.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai perawatan agar AC mobil tetap awet dan bekerja secara baik.

Baca juga: Wuling Pangkas Harga Confero, Lebih Murah dari Toyota Calya

"Untuk bagian kabin, bisa dilakukan pembersihan atau penggantian filter kabin secara berkala. Sedangkan untuk bagian mesin, bisa melakukan pembersihan komponen penting AC seperti kondensor, kompresor, dan lainnya," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Filter kabin harus dibersihkan dan dirawat dengan baik, jika dipelukan sebaiknya dilakukan penggantian filter kabin secara berkala. Kondisi kabin yang bersih akan membuat sirkulasi udara yang masuk ke AC juga bersih. Maka dari itu udara yang dikeluarkan juga akan bersih dan segar.

Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

Selain itu, bersihkan juga kondensor AC. Pembersihan kondensor AC dapat dilakukan pada saat pemilik mobil mencuci mobil. Jika perlu tambahkan disinfektan untuk membunuh bakteri yang menempel pada AC mobil.

Baca juga: Lelang Mobil Dinas, Kijang Innova Mulai Rp 60 Jutaan

Pastikan juga untuk servis AC secara rutin, Servis AC ringan dapat dilakukan setiap 10.000 kilometer sekali. Kemudian pembersihan filter kabin setiap tiga bulan sekali, pembersihan evaporator setiap enam bulan sekali, dan kompresor setiap satu tahun sekali atau setiap 20.000 kilometer.

Selain itu, jaga juga kebersihan dari kabin mobil sehingga bakteri dan virus tidak dapat menempel pada AC mobil. Lebih aman lagi, pakai juga masker ketika bepergian menggunakan mobil.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.