Saat Jalan Macet, Sebaiknya Tuas Transmisi Mobil Matik Berada di Netral atau Drive?

Kompas.com - 29/06/2021, 08:12 WIB
Kendaraan terjebak macet di Jalur Pantura Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/6/2018). Memasuki H+2, volume arus balik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di jalur Pantura mulai meningkat yang mengakibatkan kemacetan panjang mencapai lima kilometer. ANTARA FOTO/OKY LUKMANSYAHKendaraan terjebak macet di Jalur Pantura Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/6/2018). Memasuki H+2, volume arus balik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta di jalur Pantura mulai meningkat yang mengakibatkan kemacetan panjang mencapai lima kilometer.
|

JAKARTA, KOMPAS.comTransmisi matik memiliki cara penggunaan yang berbeda ketimbang transmisi manual. Salah satu perbedaan terlihat dari kebiasaan pengemudi ketika mobil berada dalam kondisi berhenti di tengah kemacetan.

Sebagian orang beranggapan, tuas transmisi harus dipindah ke netral (N) agar komponen matik lebih awet. Sebab jika dibiarkan pada posisi drive (D), dikhawatirkan bisa cepat rusak.

Tapi ada juga yang memilih membiarkan berada di posisi D, untuk alasan praktis. Pasalnya berhenti di kemacetan umumnya tidak lama dan hanya sesaat.

Baca juga: Wuling Pangkas Harga Confero, Lebih Murah dari Toyota Calya

Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, membiarkan tuas transmisi berada di D saat berhenti karena macet, tidak menyebabkan kerusakan pada komponen matik.

Menurutnya, sistem transmisi di dalam girboks otomatis akan berhenti bergerak saat mobil berhenti meskipun posisi tuas berada di D.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun munculnya sedikit hentakan saat keadaan tersebut, menurutnya adalah hal yang wajar. pasalnya putaran mesin saat idle sudah cukup menghasilkan tekanan oli ke transmisi untuk membuat mobil melaju.

Baca juga: Pengemudi Arogan, Innova Ngotot Lawan Arah hingga Mengancam Memukul

Komponen transmisi matikAditya Maulana, KompasOtomotif Komponen transmisi matik

“Itu wajar memang seperti itu, tapi hanya sebentar. Clutch yang bergesekan saat mobil berhenti tidak akan bikin jebol transmisi, karena tidak berpengaruh signifikan,” ujar Hermas.

Walau demikian, ia menyarankan pengemudi untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat keadaan macet.

Sebab menekan pedal rem terlalu lama, berisiko tak sengaja terlepas, dan dapat menyebabkan kecelakaan.

“Karena soal keselamatan berkendara, tuas transmisi di D saat macet berpotensi menyebabkan kecelakaan. Soalnya kaki pengemudi akan tidak nyaman jika terus-terusan menekan rem, bikin pegal juga,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.