Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Cari Ukuran Roof Rack Mobil yang Pas

Kompas.com - 24/06/2021, 19:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasang aksesori roof rack pada mobil tidak bisa sembarangan, harus disesuaikan dengan dimensi dari atap kendaraan terkait. Hal tersebut dilakukan supaya penambahan komponen aman.

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, setidaknya ada beberapa tips untuk pemilik mobil yang berencana memasang roof rack agar optimal.

"Pertama, perhatikan terlebih dulu berapa ukuran atap mobil. Dari data yang dimiliki, maka pencarian roof rack menjadi lebih mudah," katanya di keterangan tertulis, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Pekerjaan Konstruksi Sirkuit Mandalika, Selesai Sebelum Homologasi

Ilustrasi pasang roof rack di tulangan rangka atas.autobild.co.id Ilustrasi pasang roof rack di tulangan rangka atas.

Kemudian, pahami beban maksimal yang bisa ditampung mobil. Sebab setiap mobil memiliki beban maksimal berbeda-beda.

Menurut Imansyah, kesalahan yang sering dilakukan pemilik mobil adalah tidak mau mencari tahu hal ini. Padahal kapasitas roof rack yang cukup besar dapat mempengaruhi kondisi struktur atap mobil.

"Sudah pasti roof rack yang terlalu berat membuat atap mobil penyok. Selain itu, bobot yang besar juga dapat memengaruhi stabilitas mobil ketika menikung tajam," ujar dia.

Untuk mencari informasi beban maksimal yang dapat ditampung mobil, pemilik bisa mengurangi gross weight dengan curb weight. Kemudian kurangi dengan total beban penumpang.

Selanjutnya, pilih roof rack yang memiliki material terbaik. Alasan utama, supaya bagian itu tidak rusak karena sering terkena sinar matahari dan air hujan langsung.

"Anda sangat disarankan untuk memilih roof rack berbahan plastik ABS. Material ini terhitung cukup kuat dan tahan air. Bobotnya sendiri tidak terlalu berat, hanya 10-15 kilogram," kata Imansyah.

Baca juga: Tren Kendaraan Listrik, Kemenperin Kebut Industri Baterai Litium

Teknisi Body&Paint Auto2000 melakukan perawatan body mobilHelmi Supriyatno Teknisi Body&Paint Auto2000 melakukan perawatan body mobil

Selain itu, pilih roof rack yang sudah dilapisi lapisan pelindung sinar ultraviolet. Roof rack ini menjadi lebih awet walaupun terkena panas secara terus-menerus.

Terakhir, ketika ingin membeli roof rack, perhatikan bentuknya. Bentuk roof rack mampu memengaruhi aerodinamika mobil ketika melaju cukup kencang.

Jika tak sesuai, mobil menjadi lebih mudah goyang atau tidak stabil. Tentu saja kondisi ini dapat membahayakan kondisi Anda.

"Sebenarnya, semakin rendah roof rack, maka semakin tinggi tingkat aerodinamikanya. Tapi kapasitas barang juga pasti lebih berkurang," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com