Harga Gesits Dibilang Mahal, Ini Jawaban WIMA

Kompas.com - 24/06/2021, 08:02 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik Gesits Dok. GesitsGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik Gesits

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat kendaraan listrik termasuk motor listrik diyakini akan menjadi tren. Tapi saat ini populasi motor listrik bisa dikatakan masih jarang.

Di Indonesia tatkala ini cukup banyak pilihan motor listrik, termasuk soal harga. Salah satu merek yang menawarkan motor listrik ialah Gesits, merek lokal buatan anak bangsa.

Baca juga: R&D Lokal, Ini Beda Gesits dibanding Merek Lain

Per Juni 2021 harga Gesits untuk wilayah DKI Jakarta sebesar Rp 28.700.000. Adapun tetangganya yaitu di Tangerang Selatan dibanderol Rp 29.200.000 on the road.

Diler Gesits di Solo, Jawa TengahArif Nugrahadi Diler Gesits di Solo, Jawa Tengah

Trihari Agus Riyanto, dari PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) manufaktur dan prinsipal Gesits, mengatakan, sebetulnya harga Gesits lebih murah ketimbang merek motor listrik lain dengan spesifikasi yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau dibilang mahal kita ngecek juga sebetulnya, di dunia, motor listrik yang sejenis yaitu spek yang sama, maka kita (Gesits) yang paling murah," kata Tri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tri mengatakan, saat ini memang banyak motor listrik yang seharga belasan juta bahkan kurang, tapi dengan spek di bawahnya. Untuk spek yang sejajar maka Gesits lebih murah.

Baca juga: Gesits Harap Indonesia Segera Bikin Baterai Kendaraan Listrik

Moeldoko jajal Gesits di pabrik WIMAFoto: Gesits Moeldoko jajal Gesits di pabrik WIMA

Tri mengatakan, masih sulit untuk mengubah pola pikir masyarakat terhadap motor listrik. Sedangkan di rentang harga segitu pilihan motor bensin sangat banyak. 

"Harga segitu sebetulnya (Gesits) masih murah, tapi kalau harus dibandingkan dengan (motor) BBM, kami susah karena tidak apple to apple (sejajar)," katanya.

"Tapi kalau dibandingkan (antara motor listrik dan bensin) maka nanti selama tiga tahun efisiensinya akan sama. Setelah itu kami masih irit sepanjang masa dia sudah tidak," kata Tri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
KOMPONEN-FAST-MOVING-MOBIL
Dana Lagi Kepepet? Tenang Harga Suku Cadang Fast Moving Aftermarket Daihatsu Xenia Murah Kok Mulai Rp 20 Ribu
Dana Lagi Kepepet? Tenang Harga Suku...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.