Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Gesits Dibilang Mahal, Ini Jawaban WIMA

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat kendaraan listrik termasuk motor listrik diyakini akan menjadi tren. Tapi saat ini populasi motor listrik bisa dikatakan masih jarang.

Di Indonesia tatkala ini cukup banyak pilihan motor listrik, termasuk soal harga. Salah satu merek yang menawarkan motor listrik ialah Gesits, merek lokal buatan anak bangsa.

Per Juni 2021 harga Gesits untuk wilayah DKI Jakarta sebesar Rp 28.700.000. Adapun tetangganya yaitu di Tangerang Selatan dibanderol Rp 29.200.000 on the road.

Trihari Agus Riyanto, dari PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) manufaktur dan prinsipal Gesits, mengatakan, sebetulnya harga Gesits lebih murah ketimbang merek motor listrik lain dengan spesifikasi yang sama.

"Kalau dibilang mahal kita ngecek juga sebetulnya, di dunia, motor listrik yang sejenis yaitu spek yang sama, maka kita (Gesits) yang paling murah," kata Tri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tri mengatakan, saat ini memang banyak motor listrik yang seharga belasan juta bahkan kurang, tapi dengan spek di bawahnya. Untuk spek yang sejajar maka Gesits lebih murah.

Tri mengatakan, masih sulit untuk mengubah pola pikir masyarakat terhadap motor listrik. Sedangkan di rentang harga segitu pilihan motor bensin sangat banyak. 

"Harga segitu sebetulnya (Gesits) masih murah, tapi kalau harus dibandingkan dengan (motor) BBM, kami susah karena tidak apple to apple (sejajar)," katanya.

"Tapi kalau dibandingkan (antara motor listrik dan bensin) maka nanti selama tiga tahun efisiensinya akan sama. Setelah itu kami masih irit sepanjang masa dia sudah tidak," kata Tri.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/24/080200815/harga-gesits-dibilang-mahal-ini-jawaban-wima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke