Begini Cara Agar Mobil Transmisi Matik Bisa Didorong Saat Parkir

Kompas.com - 22/06/2021, 08:12 WIB
Aksi memecahkan rekor parkir paralel dengan Fiat 500C WorldcarfansAksi memecahkan rekor parkir paralel dengan Fiat 500C

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara ke pusat perbelanjaan, kerap kali kita menemui area parkir yang sedang penuh.

Untuk menyiasatinya, biasanya petugas parkir akan meminta pemilik mobil untuk parkir paralel.

Dalam posisi parkir paralel, posisi mobil pasti akan menghalangi mobil lain. Agar mobil tetap bisa didorong, biasanya petugas parkir akan meminta agar pemilik mobil yang parkir paralel untuk tidak menggunakan rem parkir.

Namun cara ini hanya berlaku untuk mobil bertransmisi manual. Tidak demikian dengan mobil matik. Sebab walaupun rem parkir tidak digunakan, mobil matik tetap bisa didorong selama tuas transmisi berada di posisi P yang memang diperuntukan untuk parkir.

Baca juga: Simak Promo Skutik Yamaha Terbaru di Jatim Akhir Juni 2021

Sebaliknya, bila tetap memasang tuas di posisi N atau netral, kunci mobil tidak akan bisa dicabut.

Agar tidak menyulitkan petugas parkir, pengguna mobil matik hendaknya mengetahui kegunaan fitur shift lock. Tombol shift lock biasanya ada di dekat tuas transmisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, untuk mengaktifkan shift lock dengan model tersebut, pengemudi cukup mematikan mobil seperti biasa dengan tuas transmisi di posisi P lebih dulu.

Kenali cara kerja shift lock di mobil matik Kenali cara kerja shift lock di mobil matik

“Biasa dua cara, satu dengan tombol satu dengan anak kunci. Untuk tombol, prosesnya matikan mobil seperti biasa dengan tuas di P. Setelah itu tekan tombol shift lock dan geser ke posisi N. Dengan demikian kunci mobil tetap bisa dilepas seperti biasa dan mobil bisa digeser,” ujar Suparna belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Sementara jenis shift lock yang kedua berupa lubang. Kebanyakan jenis yang seperti ini dipakai pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless.

Secara fungsi memang tidak ada perbedaan dengan model tombol. Namun, proses penggunaannya sedikit berbeda lantaran harus dicolok menggunakan anak kunci.

Baca juga: Pasar Hatchback Terus Tumbuh Selama Mei 2021

“Lubangnya itu berada di samping tuas transmisi. Jadi harus dicolok dengan anak kunci, kalau mobil yang pakai smart key atau remote itu kan tetap ada anak kuncinya yang berguna saat darurat, anak kunci itu bisa digunakan untuk mengaktifkan shift lock,” kata Suparna.

Terakhir, Suparna mengingatkan jangan menarik rem tangan saat shift lock diaktifkan, karena akan sia-sia dan roda mobil kembali terkunci sehingga tidak bisa di dorong.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X