Pasar Hatchback Terus Tumbuh Selama Mei 2021

Kompas.com - 21/06/2021, 18:41 WIB
Honda City Hatchback RS CVT KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda City Hatchback RS CVT
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil hatchback di dalam negeri terus bergerak positif secara perlahan, setelah mengalami penurunan tajam selama satu tahun belakangan imbas pandemi.

Bahkan saat penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih mengalami penurunan tajam di Mei 2021 hingga 30,5 persen, mobil sedan tanpa buntut ini mampu tumbuh 2,1 persen.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total volume hatchback pada periode terkait ialah 1.547 unit sementara bulan lalu hanya 1.514 unit. Tapi, untuk penguasaan pasarnya belum naik signifikan.

Baca juga: Hyundai Catat Penjualan Mobil Listrik Hingga 475 Unit di Indonesia

Honda City Hatchback balap di seri kedua ISSOM 2021 DOK. WIBIE PHOTOGRAPHY Honda City Hatchback balap di seri kedua ISSOM 2021

Capaian tersebut tak lepas dari kontribusi Honda City Hatchback dan Toyota Yaris yang menjadi salah satu kendaraan yang dapat relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Wholesales pengganti Honda Jazz itu secara bulanan telah naik 2,1 persen menjadi 805 unit. Sementara Yaris lebih tinggi lagi, yaitu mencapai 56 persen dari 241 unit jadi 554 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya saja total penjualan Yaris belum bisa mengalahkan capaian City Hachback sehingga secara konsisten, model baru terkait bisa mempertahankan posisi pertama sebagai hatchback terlaris.

Adapun posisi Suzuki Baleno yang bisa mencapai posisi kedua di April 2021 harus rela turun satu peringkat karena mengalami penurunan dari 462 unit jadi 106 unit.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Bertransmisi Matik Lebih Irit Ketimbang Manual?

New Toyota Yaris memenangkan penghargaan European Car of The Year 2021ETX Studio New Toyota Yaris memenangkan penghargaan European Car of The Year 2021

Lebih jauh, berikut daftar penjualan hatchback terlaris per-Mei 2021:

1. Honda City Hatchback: 805 unit
2. Toyota Yaris: 554 unit
3. Suzuki Baleno: 106 unit
4. Mazda2: 82 unit

Berikut daftar penjualan hatchback terlaris per-Mei 2021:

1. Suzuki Baleno: 32 unit
2. Toyota Yaris: 11 unit
3. Honda Jazz: 6 unit
4. Mazda2: 4 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.