Sampai Kapan Pembatasan Mobilitas Berlaku di Jakarta?

Kompas.com - 21/06/2021, 20:22 WIB
Petugas berjaga di Jalan Sudirman, Jakarta, yang tampak lengang, Kamis (31/12/2020). Untuk mencegah kerumunan pada malam Tahun Baru 2021 dan penyebaran virus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian ketat dan penutupan sejumlah lokasi mulai dari ruas jalan hingga fasilitas publik pada 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPetugas berjaga di Jalan Sudirman, Jakarta, yang tampak lengang, Kamis (31/12/2020). Untuk mencegah kerumunan pada malam Tahun Baru 2021 dan penyebaran virus Covid-19, Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya memberlakukan pengendalian ketat dan penutupan sejumlah lokasi mulai dari ruas jalan hingga fasilitas publik pada 31 Desember 2020 dan 1 Januari 2021.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Aturan pembatasan mobilitas di DKI Jakarta mulai digaungkan Polda Metro Jaya. Kebijakan ini muncul setelah terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang begitu signifikan, terutama setelah momentum libur Lebaran.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, saat ini pihaknya bakal melakukan pembatasan mobilitas di 10 ruas jalan di Ibu Kota.

Pembatasan mobilitas berlaku mulai Senin malam (21/6/2021), pada pukul 21.00 hingga 04.00 WIB, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Harga Rp 300 Jutaan, Hyundai Kenalkan Alcazar Calon Penantang CR-V

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

“Sampai kapan sifatnya situasional, artinya kalau memang dirasakan sudah cukup, sudah mulai membaik situasi di situ, kami akan hentikan pembatasan ini,” ujar Sambodo, dalam keterangannya, Senin (21/6/2021).

“Dan bisa saja, kemudian pindah ke kawasan-kawasan lainnya yang kami anggap masih sering terjadi pelanggaran protokol kesehatan maupun pelanggaran-pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan, baik keputusan Mendagri, peraturan Gubernur, dan sebagainya,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski ada pembatasan, kepolisian tetap memperbolehkan sejumlah perjalanan di kawasan tersebut. Terutama yang ada kaitannya dengan kesehatan, misal pergi ke rumah sakit, apotek, dan sebagainya.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021; Quartararo Teratas, Marquez Posisi 10, Rossi 19

Pembatasan mobilitas di Jakarta berlaku mulai Senin malam (21/6/2021).Dok. Polda Metro Jaya Pembatasan mobilitas di Jakarta berlaku mulai Senin malam (21/6/2021).

Termasuk penghuni yang beralamat di kawasan tersebut, serta tamu-tamu hotel di sekitar area yang terjadi pembatasan mobilitas.

Kendaraan-kendaraan dinas TNI-Polri, ambulans, pemadam kebakaran, serta keperluan darurat lainnya juga maish diperbolehkan melintas.

“Ketika nanti kami melaksanakan penutupan, akan ada spanduk maupun pelang yang menyatakan bahwa kawasan-kawasan ini ditutup atau dibatasi dalam rangka pembatasan mobilitas pengguna jalan pada masa PPKM,” ucap Sambodo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.