Cara Periksa Kondisi Sekring Sepeda Motor

Kompas.com - 20/06/2021, 12:41 WIB
Sekring youtube.comSekring

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem kelistrikan pada sepeda motor zaman sekarang menjadi salah satu bagian yang vital. Untuk itu, digunakanlah sekring guna mencegah terjadinya korsleting.

Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, mengatakan, sekring akan otomatis terputus atau memutuskan aliran listrik jika dalam rangkaian kelistrikannya terjadi korsleting atau hubungan pendek yang bisa menyebabkan kebakaran atau kerusakan.

“Terputusnya aliran listrik tersebut, akan manghilangkan atau menurunkan potensi terjadinya kerusakan yang lebih parah baik itu pada komponen kelistrikannya maupun kabel-kabel dan komponen lainnya,” ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Kenali Macam-macam Bentuk Sekring pada Sepeda Motor

Ade menambahkan, cara memeriksa kondisi sekring sangat mudah. Tidak berbeda jauh dengan pemeriksaan sekring jenis tabung, yaitu dengan cara melihat hubungan kawat di dalam sekring tersebut dari samping.

kondisi sekringwikihow.com kondisi sekring

"Jika hubungan kawat bagus, bisa disimpulkan kondisi sekring tersebut bagus. Tetapi untuk memastikannya alangkah lebih baik jika dipastikan dengan diukur kontinuitas antar kakinya menggunakan avo meter," kata Ade.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ade mengatakan, jika hubungan kawatnya terlihat sudah terkoyak atau terputus, bisa dipastikan sekring tersebut sudah rusak.

Baca juga: Pentingnya Fungsi Sekring pada Sepeda Motor

“Dengan sekring, rangkaian kelistrikan akan terjamin keamanannya jika terjadi hubungan arus pendek atau aliran arus listrik berlebih yang disebabkan oleh banyak faktor," ujar Ade.

Hal yang juga perlu diperhatikan ketika mengganti sekring lama dengan sekring baru, menurut Ade, harus menggunakan ukuran sekring yang sama.

Sekring tabung (tube fuse)Istimewa Sekring tabung (tube fuse)

"Jika mengganti sekring yang memiliki ukuran lebih tinggi, akan sangat memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem kelistrikan, bahkan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” kata Ade.

Untuk mencegah terjadinya korsleting dan masalah lain pada sepeda motor, pemilik sepeda motor perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.