Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Korsleting, Jangan Semprot 2 Bagian ini di Motor Listrik

Kompas.com - 31/07/2020, 08:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pabrikan sepeda motor listrik pasti sudah memperhitungkan area-area yang rawan terjadi korsleting. Karena itu beberapa bagian yang rawan dibuat tahan atau kedap air.

Meski begitu, Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, saat mencuci motor listrik ada baiknya hindari menyemprot langsung di bagian baterai dan soket isi daya.

Baca juga: Waktu yang Tepat Mengisi Daya Baterai Sepeda Motor Listrik

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Motor listrik Kawasaki EndeavorBennetts.co.uk Motor listrik Kawasaki Endeavor

Reza mengatakan, tidak perlu khawatir terjadi korsleting asal bagian kelistrikan tidak ada yang terbuka. Pemilik motor listrik juga tidak perlu takut jika ingin cuci motor di tukang cuci steam.

Hanya saja karena bagian baterai dan kontroler cukup krusial memang sebaikanya tidak disemprot langsung.

Baca juga: Ingin Beli Motor listrik, Perhatikan Charger Baterainya

Taknisi Viar, Abdul, mengatakan, meski aman dari air tapi memang sebaiknya beberapa bagian tidak disemprot langsung dengan air bertekanan tinggi. Guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Misal, mencuci dengan steam perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," kata Abdul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com