Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkis Korsleting dengan Talang Air

Kompas.com - 18/12/2019, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Door visor atau biasa disebut talang air merupakan aksesori sederhana pada mobil yang terpasang di bagian atas luar pintu. Rata-rata, mobil keluaran terbaru saat ini sudah menyematkan aksesori tersebut.

Walau terkesan sederhana dan bersifat tambahan, talang air ternyata memiliki fungsi yang cukup vital. Khususnya ketika kendaraan aktif digunakan saat musim hujan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, Indah Yuliana, kepada Kompas.com, Selasa (17/12/2019), mengatakan, talang air mampu mencegah air masuk ke dalam kabin. Sehingga, berbagai tombol elektrik seperti panel yang menempel pada door trim terjaga menjadi tidak korsleting.

Baca juga: Jakarta Mulai Banjir, Bagaimana Operasional Taksi Listrik?

 

Berkendara di saat hujanKompasOtomotif Berkendara di saat hujan

Selain itu, talang air juga mampu meredam suara bising jalanan sehingga menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang. Hal ini dikarenakan talang air bisa mengarahkan aliran udara pada mesin ketika bergerak.

Baca juga: Lakukan Spooring and Balancing Jika Mobil Sudah Bergejala Ini

Talang air untuk Honda HR-V Aditya Maulana, Otomania Talang air untuk Honda HR-V

"Kisaran harganya juga tidak terlalu mahal, dan dari segi pemakaian tidak dibutuhkan perawatan khusus. Ini juga bisa memberikan nilai lebih pada tampilan eksterior mobil," kata Indah.

Adapun kisaran harga yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai Rp 250.000 hingga jutaan tergantung jenis dan kualitasnya.

"Yang perlu dicatat, pemasangan talang air dilakukan oleh ahlinya atau yang berpengalaman. Sebab walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lain-lainnya. Apalagi ini di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung," ujar Didi Ahadi, Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com