Kompas.com - 18/06/2021, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem kelistrikan pada sepeda motor termasuk bagian yang paling vital. Apalagi, untuk motor zaman sekarang yang sudah mengadopsi teknologi injeksi.

Sistem kelistrikan sepeda motor juga dilengkapi komponen pengaman untuk menghindari korsleting. Komponen tersebut adalah Fuse atau dalam bahasa sehari-hari sering disebut dengan istilah sekring.

Baca juga: Cegah Korsleting, Jangan Semprot 2 Bagian ini di Motor Listrik

Ukuran komponen ini memang kecil, tapi memiliki fungsi besar dalam satu rangkaian kelistrikan pada sepeda motor. Sekring berfungsi untuk memutus arus listrik berlebih.

Sekring tabung (tube fuse)Istimewa Sekring tabung (tube fuse)

Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, mengatakan, sekring akan otomatis terputus atau memutuskan aliran listrik, jika dalam rangkaian kelistrikannya terjadi korsleting atau hubungan pendek yang bisa menyebabkan kebakaran atau kerusakan.

“Terputusnya aliran listrik tersebut, akan manghilangkan atau menurunkan potensi terjadinya kerusakan yang lebih parah baik itu pada komponen kelistrikannya maupun komkabel kabel dan komponen lainnya,” ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Musim Hujan Masih Lama, Awas Korsleting pada Lampu Motor Modifikasi

Ade menambahkan, dengan sekring, rangkaian kelistrikan akan terjamin keamanannya jika terjadi hubungan arus pendek atau aliran arus listrik berlebih yang disebabkan oleh banyak faktor.

Maka itu, untuk mencegah terjadinya korsleting dan masalah lain pada sepeda motor, pemilik sepeda motor perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.