Belajar Mengemudi, Lebih Baik Manual Dahulu atau Langsung Matik?

Kompas.com - 20/06/2021, 11:41 WIB
, VIA Vanitha Driving School ,

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) belum lama ini membuat Peraturan Polri (Perpol) mengenai penerbitan dan penandaan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pada perpol tersebut, bagi yang mau membuat SIM A, kali ini harus melengkapi persyaratan administrasi berupa sertifikat yang dikeluarkan sekolah mengemudi. Lalu ketika mau mengikuti sekolah mengemudi, lebih baik pilih transmisi manual atau matik untuk belajar?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, saat ini untuk yang mendaftar sekolah mengemudi, kebanyakan memilih transmisi matik daripada manual.

Baca juga: Bikin SIM A Harus Punya Sertifikat, Berapa Biaya Sekolah Mengemudi?

ilustrasi kursus mengemudiKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi kursus mengemudi

“Komposisinya 60 persen matik dan 40 persen manual. Kebanyakan juga karena mobil yang mereka pakai untuk daerah Jakarta yang sering macet,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun untuk belajar, baik transmisi manual atau matik, kembali lagi pada kendaraan yang nantinya dia kemudikan. Mengenai orang yang harus belajar mobil manual dahulu baru matik, sebenarnya sama-sama ada kesulitannya.

“Semua mobil punya handicap dan cara operasional yang harus disesuaikan dengan fiturnya. Enggak ideal juga latihan pakai manual tapi mobil dia nanti matik atau sebaliknya,” kata Sony.

Baca juga: Mulai Juli 2021, Bus yang Lewat Semarang Wajib Masuk Terminal Mangkang

Begitu juga menurut Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre. Menurutnya, dari sisi keamanan dan keselamatan, baik transmisi matik atau manual sama-sama aman.

“Adaptasinya dari manual ke matik lebih cepat saja daripada dari matik ke manual. Karena dari matik ke manual perlu belajar dari awal lagi untuk pengoperasian pedal kopling,” ucap Marcell.

Namun bukan berarti sudah bisa menyetir mobil manual langsung bisa mengemudikan mobil matik. Pengemudi butuh belajar lagi mengemudi tanpa kopling.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.