Kompas.com - 20/06/2021, 07:41 WIB
Suasana terminal bus Blitar di Jalan Kenari, Kota Blitar, Selasa (20/4/2021) KOMPAS.com/Asip HasaniSuasana terminal bus Blitar di Jalan Kenari, Kota Blitar, Selasa (20/4/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com – Perkembangan kelas layanan bus di Indonesia semakin banyak. Bahkan untuk layanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tersedia kelas paling nyaman dengan bangku sleeper yang bisa direbahkan.

Namun, di antara kelas bus yang eksekutif tersebut, ada juga kelas ekonomi. Dari kelas ekonomi tadi juga terdiri dari AC Tarif Bawah (ATB) dan ekonomi non AC, namun ada juga sebutan dengan bus bumel, apa artinya?

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, bus bumel bisa disamakan dengan bus ekonomi non AC. Namun ada beberapa ciri lain mengenai bus bumel ini.

Baca juga: Sinyal Kuat N7X Jadi Suksesor Honda BR-V, Harga Mulai Bocor

bus mesin depanfuat cepat selamat bus mesin depan

“Kebanyakan bus bumel memakai armada-armada yang sudah tua, namun enggak semuanya ya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Baru Rilis, Ini Harga Daihatsu Rocky 1.2 di Yogyakarta

Bus tua di sini maksudnya memakai bodi bus tahun 1990-an. Memang bus ekonomi non AC juga ada yang buatan terbaru, namun untuk bumel, bisa disebut untuk bus-bus ekonomi yang sudah tua.

“Untuk bangkunya, karena kelas ekonomi, memakai susunan 3 di kanan dan dua di kiri. Namun ini juga kembali lagi ke daerah busnya, misalnya untuk di Sumatera pakai bangku 2-2,” kata Dimas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X