Seberapa Kuat Ban Kempis Tetap Dipaksa Jalan?

Kompas.com - 18/06/2021, 13:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ban bocor idealnya ialah langsung ditambal. Tapi banyak hal bisa terjadi di lapangan sehingga membuat pengendara motor terpaksa melanjutkan meski ban kempis.

Timbul pertanyaan seberapa kuat ban kempis diajak jalan. Sebab ban kempis yang tetap dipaksa jalan sebetulnya berisiko membuat ban rusak bahkan robek dan tidak bisa dipakai lagi.

Baca juga: Beli Mobil Baru, Servis Pertama Tidak Boleh Telat

Ban Motor bagian depanIstimewa Ban Motor bagian depan

Sayangnya menurut Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, belum ada studi soal seberapa jauh ban bisa diajak jalan saat kondisi kempis.

"Wah kalau seberapa kuat atau dipakai berapa kilometer (Km) belum ada data detail. Tapi sebaiknya segera (ditambal/ganti/pompa) karena ban stress," kata Dodi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dodi mengatakan, ban kempis yang dipaksa jalan menyebabkan ban rusak. Ban pada dasarnya terdiri dari beberapa lapisan benang dan compound. Ketika ban kempis diajak jalan lapisan itu jadi rusak.

Ban depan sepeda motor yang diganti donat, dan ramai menjadi pembahasan warganet.Dok. Hendri Febry Ban depan sepeda motor yang diganti donat, dan ramai menjadi pembahasan warganet.

Baca juga: Toyota Terkejut PPnBM 0 Persen Diperpanjang

"Efeknya banyak nanti jika terus menerus dipakai, seperti ban jadi melendung, retak-retak atau kerusakan lainnya," katanya.

Khusus buat ban yang masih pakai ban dalam atau type tube, efek yang kerap terjadi jika ban kempis diajak jalan ialah ban sobek di bagian pentil.

"Pentil ban bisa robek lantaran posisi pentilnya tidak tegak. Sehingga saat sering dipakai jalan, bagian bawah pentil yang menyambung ke ban dalam tidak sanggup menahan beban," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.