Daihatsu Ungkap Alasan Inden Rocky Lebih Cepat ketimbang Raize

Kompas.com - 18/06/2021, 07:21 WIB
Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASA KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky 1.0 R TC ASA
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Raize dan Daihatsu Rocky meluncur pertama kali di Indonesia pada April 2021. Selang dua bulan sejak peluncurannya, inden kedua mobil tak bisa terhindarkan.

Menariknya, konsumen yang memesan Raize harus menunggu hingga 9 bulan bahkan setahun. Sementara Rocky hanya berkisar 1 hingga 2 bulan saja.

Padahal seperti diketahui, kedua mobil sama-sama diproduksi secara lokal di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Lantas, mengapa keduanya bisa memiliki waktu inden yang berbeda?

Baca juga: Daihatsu Resmi Luncurkan Rocky 1.200 cc, Harga Mulai Rp 170 Jutaan

Toyota Raize resmi meluncur April 2021.Dok. Toyota Toyota Raize resmi meluncur April 2021.

“Ini relasinya dengan varian, Daihatsu menargetkan varian 1.0L per bulannya terjual 500 unit saja. Sementara Toyota targetnya lebih besar,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, dalam konferensi virtual, Kamis (17/6/2021).

“Dan untuk Rocky varian 1.2L, Daihatsu menargetkannya 1.500 unit, sehingga target total untuk Rocky adalah 2.000 unit per bulan, tapi dengan variasi tipenya yang berbeda,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Amelia, Rocky varian 1.2L ditargetkan lebih banyak ketimbang varian 1.0L. Hal ini berkorelasi dengan inden varian 1.0L yang saat ini tidak begitu lama.

Baca juga: Toyota Resmi Jual Raize 1.200 cc, Harga Mulai Rp 202 Jutaan

Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADS

“Karena target kami lebih sedikit, makanya inden kami lebih pendek. Sementara Toyota menargetkan varian 1.0L sebagai mayoritas penjualannya,” ucap Amelia.

“Di tahap awal, tentu saja produksi hampir sama (jumlahnya), walaupun masih lebih besar Toyota karena target 1.0L-nya lebih besar dan demand-nya lebih banyak, sehingga inden Toyota lebih panjang,” ujar dia.

Meski begitu, bukan berarti inden Rocky untuk semua model akan terus menerus lebih cepat daripada Raize.

Baca juga: Kebiasaan Buruk Pengemudi yang Bisa Bikin Ban Mobil Cepat Aus

Daihatsu Rocky varian 1.2 MDok. ADM Daihatsu Rocky varian 1.2 M

Amelia menambahkan, bisa saja nanti Rocky varian 1.2L antreannya bakal lebih panjang daripada Raize 1.2L.

“Tapi kami juga belum tahu, karena kami juga baru buka (penjualan) hari ini. Hasilnya seperti apa? Belum bisa kami katakan. Tapi kami percaya produksi akan mengimbangi demand, karena ADM telah menyiapkannya lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya,” kata Amelia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.