Modifikasi XSR 155 Overlander, Buat yang Suka Berpetualang Ringan

Kompas.com - 10/06/2021, 11:42 WIB
Yamaha XSR 155 Overlander, Pickers Store Foto: YamahaYamaha XSR 155 Overlander, Pickers Store

BANDUNG, KOMPAS.com - Modifikasi pada dasarnya personalisasi sang pemilik. Sehingga ubahan yang dilakukan baiknya agar motor makin menyenangkan saat diajak jalan.

Hal itu yang membuat Chandra dari Pickers Store, Bandung, Jawa Barat, memodifikasi Yamaha XSR 155 bernama Overlander, buat yang suka touring dan adventure ringan.

Baca juga: Agar Rantai Sepeda Motor Tidak Mudah Berkarat, Ini Tipsnya

"Saya lihat anak muda zaman sekarang suka cari senja. Jadi saya ambil XSR 155 ini buat anak muda 25-30 tahun yang suka light adventure buat ke gunung ngopi dan jalan pengunungan yang ringan," katanya di Bandung, pekan lalu.

Chandra dari Pickers StoreFoto: Yamaha Chandra dari Pickers Store

Sesuai dengan tema maka modifikasinya santai dan tidak ekstrem. Beberapa komponen asli tetap dipertahankan, ada yang diubah tapi tetap mengikuti pakem yang ada.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak ada yang berubah terlalu ekstrem," kata Chandra.

Tangki misalnya, Chandra membuat tangki baru yang lebih kecil. Desainnya dibuat agar masuk dengan konsep awal dan baru terlihat ketika ditegaskan.

Yamaha XSR 155 Overlander, Pickers StoreFoto: Yamaha Yamaha XSR 155 Overlander, Pickers Store

"Beberapa part yang diubah hampir menyerupai original tapi dibiat lebih simpel. Bentuk tangki menyerupai originalnya, tapi saya bikin lebih kecil," katanya.

Menariknya dengan bentuk tangki yang lebih kecil membuat proporsi motor jadi lebih kekar, sebab membuat mesin dan kaki-kaki terlihat lebih besar.

Baca juga: PPnBM 50 Persen, Cek Harga Terbaru Suzuki Ertiga di Surabaya

Arah modifikasinya lebih mengedepankan fungsi. Dengan dimensi tangki yang lebih kecil membuat kapasitas berkurang. Hal itu ditebus dengan adanya tambahan jeriken di belakang.

Yamaha XSR 155 Overlander, Pickers StoreFoto: Dynamic Thinker Yamaha XSR 155 Overlander, Pickers Store

Chandra juga memakai rak belakang untuk menaruh tas samping sebagai bagasi tambahan. Agar lebih aman saat bertualang maka ditambahkan GPS untuk cari jalan.

Kaki-kaki dibuat lebih kekar dengan pemakaian ban tapak kasar. Peleknya dicat warna emas sebagai pemanis. Terakhir bodi dilabur warna biru dengan grafis speed block.

"Untuk warna saya ambil dari Yamaha Tenere 650," kata Chandra.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X