Lalu Lintas di DKI Jakarta dan Sekitarnya Kembali Normal

Kompas.com - 02/06/2021, 17:41 WIB
Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menyebut bahwa hampir seluruh warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang mudik Lebaran tahun ini telah kembali. Hanya sebagian kecil saja yang masih berada di kampung halaman.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan mengatakan, hal tersebut berdasarkan data yang diperolehnya dari Jasamarga di mana jumlah kendaraan yang kembali ke Jabodetabek selisih tipis saja dari yang keluar.

Secara rinci, kendaraan yang keluar dari Jabodetabek selama 22 April sampai 23 Mei 2021 ialah 3.488.660 unit. Sementara untuk kendaraan yang masuk hingga saat ini berjumlah 3.437.093 unit.

Baca juga: Pentingnya Penggolongan SIM Motor di Indonesia

Jasa Marga Catat Total 301 Ribu Kendaraan Kembali Ke Jabodetabek Pada Arus Balik Lebaran 2021Jasa Marga Jasa Marga Catat Total 301 Ribu Kendaraan Kembali Ke Jabodetabek Pada Arus Balik Lebaran 2021

"Kendaraan tersebut umumnya mengarah ke Jawa dan Sumatera. Dari data itu, jadi selisih yang masih akan masuk sekitar 56.000," katanya, Selasa (1/6/2021).

Rudi memprediksi, sisa jumlah kendaraan itu akan masuk ke DKI Jakarta dan sekitarnya pada pekan ini, bersamaan dengan libur Waisak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Weekend ini rata-rata 30-40 ribu kendaraan tapi ini 50 ribu lebih sehingga kalau kita lihat di lapangan ternyata mereka kembalinya ini kemarin,” kata dia.

Baca juga: Ini Penyebab Tikus Suka Bikin Sarang di Ruang Mesin

“Dari Jasamarga menyampaikan bahwa situasi ini sudah mendekati normal. Jadi kendaraan yang sudah keluar sudah hampir dipastikan kembali semuanya. Jadi tinggal beberapa,” tambah Rudi.

Hanya saja, bedanya sisa kendaraan yang belum masuk bukanlah para pemudik, melainkan warga yang sedang berlibur. Sehingga tak akan terjadi lonjakkan arus lalu lintas secara signifikan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.