Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Italia - Quartararo Sempurna, Ducati Merana

Kompas.com - 30/05/2021, 19:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalannya balapan pada MotoGP Italia 2021 tak kalah serunya dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya. Kali ini, Sirkuit Mugello, Minggu (30/5/2021). berhasil dikuasai oleh Fabio Quartararo. Sedangkan Ducati merana, setelah gagal menang di kandang sendiri.

Quartararo berhasil menjadi pemenang pada seri keenam MotoGP 2021. Kemenangannya kali ini tidak didapatkan dengan mudah, mengingat di awal balapan terjadi persaingan ketat dengan para pebalap Ducati.

Pebalap KTM Miguel Oliveira sebenarnya menjadi yang kedua menyentuh garis finish di belakang Quartararo. Sayang, Oliveira dinyatakan menyentuh track limit pada lap terakhir, hingga mendapat hukuman turun satu posisi.

Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir yang berada di posisi ketiga, mendapat keuntungan dengan situasi yang dialami Oliveira, dan Mir berhak menjadi pemilik podium kedua.

Namun sesaat sebelum penyerahan piala di podium, race director juga menyatakan Joan Mir melakukan kesalahan dengan menyentuh track limit. Posisi kedua dikembalikan ke Oliveira dan Mir tetap berada di podium tiga.

Jalannya Balapan

Saat lap pertama, masuk tikungan pertama, Francesco Bagnaia langsung berhasil merebut posisi terdepan dari Quartararo yang meraih pole position. Quartararo juga langsung mendapat tekanan dari Johann Zarco.

Sayangnya, Bagnaia tak mampu bertahan lebih lama di atas motor. Pebalap Ducati ini terjatuh di lap-lap awal saat memimpin jalannya balapan. Tak butuh waktu lama, Zarco langsung merebut lagi posisi terdepan dari Quartararo.

Fabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)TIZIANA FABI Fabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)

Sebelumnya, pebalap Honda Repsol Marc Marquez juga mengalami kecelakaan di lap kedua dan gagal melanjutkan jalannya balapan.

Zarco dan Quartararo yang sama-sama berkebangsaan Prancis ini saling salip menyalip memperebutkan posisi terdepan. Quartararo berhasil memberikan perlawanan saat di tikungan.

Tapi, berkat tenaga besar yang dimiliki Ducati Desmosedici GP21, Zarco kembali menyalip di tikungan pertama dengan teknik slipstream. Kembali ke tikungan, Quartararo merebut posisi terdepan lagi.

Pebalap Yamaha yang memimpin klasemen sementara ini berhasil bertahan selama beberapa lap dan membuka jarak dengan Zarco dan Miguel Oliveira yang berada di urutan ketiga.

Persaingan di barisan belakang tak kalah serunya disajikan oleh kedua pebalap Suzuki. Joan Mir dan Alex Rins saling berebut posisi di belakang Jack Miller. Aksi saling salip menyalip juga tak terelakkan pada ketiga pebalap ini.

Miller tak mampu bertahan dengan tekanan dari Rins dan Mir. Pebalap asal Australia ini bahkan merosot lagi setelah disalip oleh Brad Binder.

Posisi ketiga pebalap terdepan bertahan hingga lewati garis finis. Quartararo berada di depan Zarco sekitar 3,8 detik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com