Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-3 1.5L, SUV dengan Kelincahan Hatchback

Kompas.com - 28/05/2021, 16:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai melihat desain serta kelengkapan fitur dari Mazda CX-3, redaksi Kompas Otomotif langsung melompat ke balik kemudi SUV kompak tersebut untuk merasakan impresi berkendaranya.

Pertama-tama kita bahas soal posisi duduk, di mana bagi sebagian besar orang sudah cukup ergonomis. Sebab mobil ini punya pengaturan setir yang lengkap, baik itu tilt maupun telescopic.

Kemudian pengaturan jok juga lengkap, ada reclining, naik-turun, dan maju-mundur, meski semuanya diatur secara manual, tidak dengan tombol elektrik.

Baca juga: Resmi, Polisi Harus Bawa Alat Ukur Saat Razia Knalpot Bising

Mazda CX-3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mazda CX-3

CX-3 Sport 1.5L mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga sebesar 109 tk pada 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm.

Di atas kertas, CX-3 1.5L bukan mobil dengan tenaga terbesar di kelasnya. Namun kalau dirasakan, mobil ini punya akselerasi yang cukup responsif.

Kami duga salah satu sebabnya lantaran mobil ini masih mengusung transmisi otomatis 6-percepatan dengan torque converter.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Bak, Ini Bahayanya Numpang Pikap di Bak Belakang

Mesin Mazda CX-3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin Mazda CX-3

Perpindahan gigi memang terasa ada jeda dan entakan, namun hal tersebut memberikan efek seperti perpindahan gigi pada transmisi manual.

Apalagi CX-3 1.5L juga memiliki fitur paddle shift, sehingga bagi Anda yang gemar mengemudi agresif dan ingin melakukan perpindahan gigi sendiri, tinggal pindahkan tuas transmisi ke mode S.

Kemudian akselerasi juga terasa lebih responsif, terutama jika Anda mengubah mode berkendara ke mode Sport.

Mode ini akan mengatur perpindahan gigi di putaran mesin yang lebih tinggi, sehingga akselerasi mobil menjadi lebih spontan dan responsif.

Baca juga: Begini Sikap yang Benar Ketika Menemukan Kendaraan Lawan Arah

Desain interior dan dasbor Mazda CX-3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Desain interior dan dasbor Mazda CX-3

Bicara soal kekedapan kabin, di segmennya mobil ini terasa cukup hening. Namun memang road noise sayup-sayup masih terdengar sedikit.

Adapun bantingan suspensinya memang terbilang cukup rigid, karena Mazda terkenal sangat driver oriented di antara merek Jepang dan memiliki handling baik di tikungan.

Hal ini membuat pengendalian CX-3 jadi yang paling nurut di kelasnya. Melaju di berbagai tingkat kecepatan pun masih stabil.

Baca juga: Bolehkah Oli Mobil Dipakai di Sepeda Motor?

Mazda CX-3 1.5L. Model ini menjadi SUV termurah Mazda yang hadir di IndonesiaKompas.com/Setyo Adi Mazda CX-3 1.5L. Model ini menjadi SUV termurah Mazda yang hadir di Indonesia

Bisa dibilang CX-3 masih mewarisi rasa berkendara Mazda2 yang terkenal lincah lantaran kesamaan platform yang diusung.

Asyiknya dengan ground clearance mencapai 160 mm, CX-3 menawarkan fleksibilitas lebih baik ketimbang hatchback.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com