Mazda CX-3 1.5L, SUV dengan Kelincahan Hatchback

Kompas.com - 28/05/2021, 16:21 WIB
Mazda CX-3 1.5L. Model ini menjadi SUV termurah Mazda yang hadir di Indonesia Kompas.com/Setyo AdiMazda CX-3 1.5L. Model ini menjadi SUV termurah Mazda yang hadir di Indonesia
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai melihat desain serta kelengkapan fitur dari Mazda CX-3, redaksi Kompas Otomotif langsung melompat ke balik kemudi SUV kompak tersebut untuk merasakan impresi berkendaranya.

Pertama-tama kita bahas soal posisi duduk, di mana bagi sebagian besar orang sudah cukup ergonomis. Sebab mobil ini punya pengaturan setir yang lengkap, baik itu tilt maupun telescopic.

Kemudian pengaturan jok juga lengkap, ada reclining, naik-turun, dan maju-mundur, meski semuanya diatur secara manual, tidak dengan tombol elektrik.

Baca juga: Resmi, Polisi Harus Bawa Alat Ukur Saat Razia Knalpot Bising

Mazda CX-3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mazda CX-3

CX-3 Sport 1.5L mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga sebesar 109 tk pada 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm.

Di atas kertas, CX-3 1.5L bukan mobil dengan tenaga terbesar di kelasnya. Namun kalau dirasakan, mobil ini punya akselerasi yang cukup responsif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kami duga salah satu sebabnya lantaran mobil ini masih mengusung transmisi otomatis 6-percepatan dengan torque converter.

Baca juga: Kecelakaan Mobil Bak, Ini Bahayanya Numpang Pikap di Bak Belakang

Mesin Mazda CX-3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin Mazda CX-3

Perpindahan gigi memang terasa ada jeda dan entakan, namun hal tersebut memberikan efek seperti perpindahan gigi pada transmisi manual.

Apalagi CX-3 1.5L juga memiliki fitur paddle shift, sehingga bagi Anda yang gemar mengemudi agresif dan ingin melakukan perpindahan gigi sendiri, tinggal pindahkan tuas transmisi ke mode S.

Kemudian akselerasi juga terasa lebih responsif, terutama jika Anda mengubah mode berkendara ke mode Sport.

Mode ini akan mengatur perpindahan gigi di putaran mesin yang lebih tinggi, sehingga akselerasi mobil menjadi lebih spontan dan responsif.

Baca juga: Begini Sikap yang Benar Ketika Menemukan Kendaraan Lawan Arah

Desain interior dan dasbor Mazda CX-3KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Desain interior dan dasbor Mazda CX-3

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.