Komunitas Mobil Listrik Koleksi, Siap Kawal Kebijakan Pemerintah

Kompas.com - 24/05/2021, 16:52 WIB
Komunitas Mobil Listrik Koleksi KOLEKSIKomunitas Mobil Listrik Koleksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangannya, mobil listrik mulai menjadi pilihan kendaraan masa depan di banyak negera, termasuk Indonesia.

Mobil listrik dianggap sebagai solusi, terhadap permasalah lingkungan akibat polusi pembakaran bahan bakar fosil yang digunakan kendaraan konvensional.

Selain produsen yang mulai banyak mengembangkan teknologi, pemerintah juga memfasilitasi perkembangan mobil lisrik melalui ragam peratauran yang diterbitkan. Mulai dari Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019, Peraturan Menteri ESDM No, 13 2020, sampai Peraturan Gubernur No. 3 soal insentif BBNKB.

Guna mengawal ragam kebijakan pemerintah, para pemilik dan pengguna mobil listrik berhimpun dan membentuk sebuah kominitas yang bernama Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi).

Baca juga: Kemenhub Targetkan Pemerintah Kota dan Daerah Pakai Mobil Listrik

Komunitas yang telah memiliiki 165 anggota ini berdiri sebagai forum komunikasi diantara pemilik atau pengguna mobil listrik dari berbagai merk dan tipe, serta berfungsi sebagai mitra bagi produsen dan pemerintah dalam edukasi dan sosialisasi Mobil Listrik.

Komunitas Mobil Listrik KoleksiKOLEKSI Komunitas Mobil Listrik Koleksi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Koleksi berfungsi sebagai sumber informasi bagi anggotanya dalam penggunaan mobil listrik mereka. Koleksi juga berniat memberi masukan kepada pemerintah dalam proses perbaikan dan pemutakhiran regulasi dan kebijakan terkait mobil listrik," ucap Ketua Koleksi Arwani Hidayat, dalam keterangan resminya, Senin (24/5/2021).

Menurut Arwani, terbitnya berbagai kebijakan jadi bukti itikad politik yang kuat dipihak pemerintah, sehingga yang diperlukan adalah dukungan, baik dari masyarakat dan pengusaha, untuk mengawal kebijakan-kebijakan tersebut. Harapannya, segala pelaksanaan dari kebijakan yang sudah dibuat, bisa berlangsung dengan cepat dan tepat sasaran.

Ketika produsen mobil berhasil menyediakan mobil listrik yang andal dan terjangkau dari sisi harga, diperlukan komitmen banyak pihak untuk mengedepankan teknologi kendaraan listrik. Termasuk pemberian insentif kepada konsumen untuk lebih mudah dan murah memiliki mobil listrik.

Baca juga: Toyota Ajak Merek Lain Ciptakan Pasar Mobil Listrik di Indonesia

"Insentif yang tepat guna perlu hadir di banyak daerah sehingga infrastruktur penunjang bagi pengoperasian mobil listrik trersedia secara merata di banyak wilayah, tidak terbatas pada beberapa kota saja," ucap Arwani.

Komunitas Mobil Listrik KoleksiKOLEKSI Komunitas Mobil Listrik Koleksi

Menurut Arwani, penting untuk menjaga konsistensi kebijakan sehingga dapat dihindari kesimpangsiuran dalam penerapan pemberian insentif. Mulai dari perpajakan sampai kepada tarif listrik untuk stasiun pengisian baterai di berbagai kawasan perkantoran, pemukiman, wisata, dan lokasilokasi yang strategis lainnya.

"Dengan visi Go Green Save Earth, Koleksi berperan aktif untuk terciptanya lingkungan yang hijau dan bersi agar tercapai tujuan emisi net-zero di Indonesia," kata Arwani.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.