Nyalakan Mesin Motor dengan Kick Starter Belum Tentu Bikin Hemat Aki

Kompas.com - 24/05/2021, 16:41 WIB
Ilustrasi kick starter skutik tvsscooty.comIlustrasi kick starter skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sepeda motor, umumnya terdapat dua cara untuk menyalakan mesin, yakni dengan kick starter dan electric starter. Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan kick starter dapat menghemat aki.

Tak sedikit yang berasumsi bahwa menyalakan mesin motor secara manual berarti tidak memerlukan daya listrik dari aki sama sekali.

Baca juga: Biar Tidak Seret, Kick Starter Motor Jangan Cuma Jadi Hiasan

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, anggapan tersebut hanyalah mitos belaka.

Menurutnya, nyalakan sepeda motor dengan kick starter tidak ada hubungannya dengan penghematan aki.

Ilustrasi aki motorIstimewa Ilustrasi aki motor

"Itu mitos. Motor zaman sekarang pun sudah banyak yang tidak menggunakan kick starter. Itu tidak mempengaruhi aki cepat drop atau tidak selama mesin motor masih dalam kondisi normal," kata Endro, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menggunakan electric starter setiap saat juga tidak akan membuat kondisi aki cepat drop. Asalkan, kondisi mesin juga dalam keadaan sehat. Sehingga, saat menggunakan electric starter, tidak perlu ditekan lama terlalu lama.

Baca juga: Nyalakan Mesin Motor dengan Kick Starter Bisa Hemat Aki, Mitos atau Fakta?

"Yang perlu diperhatikan adalah kondisi pengisian aki. Selain itu sepeda motor harus rajin dilakukan perawatan agar starter elektrik dapat selalu berfungsi normal," ujar Endro.

Pada motor zaman sekarang juga umumnya terdapat voltmeter atau pengukur tegangan aki yang dapat dilihat pada panel meter atau speedometer. Aki yang sehat tegangannya berada di antara 12,7 V hingga 13,2 V.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.