Lakukan Ini Saat Mesin Sepeda Motor Mengalami Overheat

Kompas.com - 24/05/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi sepeda motor mengalami overheat Fairuz ZabadiIlustrasi sepeda motor mengalami overheat

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pada kendaraan bermotor pastilah menghasilkan suhu yang relatif tinggi. Ini disebabkan cara kerja mesin membakar bahan bakar minyak (BBM) agar kendaraan dapat berjalan.

Meski begitu, ada kemungkinan mesin mengalami kenaikan suhu yang tidak normal (overheat). Tidak hanya pada mobil, mesin sepeda motor pun bisa mengalami hal tersebut. Overheat adalah kondisi di mana suhu mesin meningkat terlalu tinggi.

Ketika sudah mengalami overheat, mesin bisa kehilangan tenaga hingga mogok. Tentu hal ini jadi salah satu momen yang dihindari bagi seluruh pemilik kendaraan.

Baca juga: Capirossi Sidak Sirkuit Mandalika, Saya Suka Sirkuit Ini

Lantas, apa yang harus dilakukan saat mesin sepeda motor mengalami overheat?

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta menjelaskan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan jika sepeda motor mengalami overheat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi radiator pada sepeda motorIstimewa Ilustrasi radiator pada sepeda motor

"Hal pertama adalah mesin harus segera dimatikan. Tentunya setelah motor berhenti di tempat yang sekiranya aman. Kemudian cek apakah coolant pada radiator habis? Jika iya segera isi sampai batas maksimum," kata Rendra kepada Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Rendra pun menambahkan, mengisi cairan coolant di tangki reservoir saja, bukan langsung ke radiator.

Baca juga: Cek Harga Toyota Vios Bekas, Mulai Rp 30 Jutaan

Jika memang diperlukan mengisi ke radiatornya langsung, tunggu beberapa saat hingga suhu pada mesin turun agar tidak melukai tangan jika tersenggol.

Apabila mesin masih mengalami overheat padahal tangki reservoir sudah memiliki suplai cairan coolant yang cukup, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan sistem pendinginan mesin di bengkel yang mumpuni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.