Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Motor Injeksi Tak Boleh sampai Kehabisan Bensin?

Kompas.com - 24/05/2021, 10:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua sepeda motor pastilah memiliki indikator penunjuk isi bahan bakar minyak (BBM) yang ada di dalam tangki.

Berkat indikator tersebut, pemilik kendaraan bisa mengetahui berapa banyak BBM yang masih tersedia di dalam tangki tanpa harus membuka untuk melihatnya langsung.

Meski begitu, akan ada faktor lupa atau lalai bagi sebagian pemilik sepeda motor untuk melihat indikator tersebut.

Terkadang masih ditemukan pemilik sepeda motor yang kehabisan BBM di perjalanan karena lalai dalam melihat indikator dan memperhitungkan sisa BBM.

Baca juga: Kenali Arti Garis Warna-warni pada Ban Baru

Bagi pemilik sepeda motor dengan teknologi injeksi, kondisi seperti ini jadi salah satu momok yang menakutkan.

Sebab, terdapat mitos bahwa sepeda motor injeksi jangan sampai kehabisan BBM agar tidak merusak sistem injeksinya. Ketakutan tersebut diperparah dengan harga sparepart injektor BBM yang tidaklah murah.

Pengecekan sepeda motor injeksi di bengkel AHASS.KompasOtomotif-donny apriliananda Pengecekan sepeda motor injeksi di bengkel AHASS.

Lantas, apakah mitos kehabisan BBM bisa merusak sistem injeksi tersebut benar?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT AHM, mengatakan bahwa mitos tersebut tidaklah benar. Menurutnya, motor dengan teknologi injeksi tidak akan mudah rusak hanya karena kehabisan BBM di tengah perjalanan.

Baca juga: 4 Motor Yamaha yang Punya Nafas Pendek di Indonesia

"Sistem injeksi tidak terpengaruh apabila motor kehabisan bensin. Jadi tidak masalah. Motor kehabisan bensin ya pasti mogok. Namun, sesudah diisi bensin tetap bisa dihidupkan normal," kata Endro saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Sistem injeksi hanya bekerja saat ada suplai bahan bakar dari tangki kendaraan. Jika tangki kosong, injektor pun tidak akan bekerja.

Endro menegaskan bahwa anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Jadi tidak perlu panik saat sepeda motor kehabisan bahan bakar. Dengan kondisi mesin yang sehat, seusai diisi bahan bakar, sepeda motor tetap bisa dihidupkan secara normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com