Mitos atau Fakta, Wiper Mobil Harus Diangkat Saat Parkir?

Kompas.com - 24/05/2021, 06:39 WIB
Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat. Kompas.com/Alsadad RudiDeretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim hujan, wiper menjadi salah satu komponen yang sangat berguna untuk menyapu air pada kaca mobil agar tidak mengganggu jarak pandang.

Maka dari itu, perawatannya harus selalu diperhatikan agar tidak bermasalah saat hendak digunakan.

Salah satu perawatan wiper yang sederhana adalah mengangkatnya ketika parkir, terutama saat parkir di area terbuka. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar karet wiper tidak terkena panas dari kaca yang terpapar sinar matahari.

Baca juga: Penumpang di Terminal Bus AKAP Melonjak

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan mengangkat karet wiper ketika parkir memang memiliki efek pada ketahanan usia karet wiper.

“Ketika wiper menempel pada kaca mobil, akan mengalami double impact dari panas matahari dan panas kaca mobil. Sehingga kecepatan wiper menjadi keras dan tidak elastis, serta kemampuan untuk menyeka air dari kaca itu tidak akan maksimal,” ujar Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mengangkat wiper saat parkir adalah hal yang cukup merepotkan, sehingga ia lebih menyarankan untuk melakukan penggantian secara rutin .

“Terpapar panas pada kaca depan memang bisa menyebabkan karet wiper menjadi kurang elastis, namun kalau selalu diangkat saat parkir akan merepotkan. Sehingga lebih disarankan untuk melakukan penggantian karet wiper 6 bulan sekali,” kata dia.

Baca juga: Terjadi Lagi, Wheelie Sambil Boncengan Berujung Cium Aspal

Menurut Didi, diangkat atau tidak saat parkir, tidak mempengaruhi anjuran masa pergantian pada wiper. Selain itu, jarak tempuh juga tidak berpengaruh.

“Jadi untuk tetap memiliki visibilitas yang baik ketika berkendara memang sebaiknya dilakukan penggantian rutin yaitu 6 bulan sekali,” ucap Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.