Angkot sampai AKAP Mau Diganti Jadi Bus Listrik

Kompas.com - 24/05/2021, 07:22 WIB
Bus listrik Zhongtong KOMPAS.com/SETYO ADIBus listrik Zhongtong

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengodok peta jalan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Ada beberapa target utama yang dikejar dalam waktu dekat, sebagai upaya mempercepat dan mengakselerasi ekosistem elektrifikasi di Indonesia.

Selain fokus untuk mengganti kendaraan dinas para pimpinan dengan mobil listrik, baik di daerah dan di pusat, Kemenhub juga mengejar moda transportasi umum menggunakan bus listrik.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Risal Wasal mengatakan, target untuk angkutan umum menggunakan kendaraan listrik akan dilakukan pada semua sektor. Namun, realisasi awalnya didahului bagi perkotaan.

Baca juga: Elders Garage Bakal Bikin Pelatihan Konversi Kit Motor Listrik


"Pada prinsipnya semua transportasi umum darat akan menggunakan bus listrik, tapi tahap awal kita kejar yang angkutan kota dulu. Nanti dimulai dengan konsep menggantikan bus konvensional pada program buy the service (BTS) jadi listrik," ucap Risal kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, akan dikejar layanan transportasi pada bandara yang menggunakan bus listrik, kemudian dilanjut untuk bus-bus angkutan wisata juga.

Bus listrik medium Inka E-InobusKOMPAS.com/SETYO ADI Bus listrik medium Inka E-Inobus

Tak sampai di situ, Risal juga mengatakan ke depan, bus antarkota antarprovinsi alias AKAP, juga akan menggunakan bus listrik. Hal tersebut hanya tinggal menunggu waktu seiring dengan kesiapan infrastrukturnya.

Baca juga: Kemenhub Targetkan Pemerintah Kota dan Daerah Pakai Mobil Listrik

"Target kami dari Kemenhub, pada 2030 itu bus listrik sudah 50 persen, jadi dari kota, bandara, sampai AKAP nanti akan menggunakan berbasis listrik semua," ucap Risal.

TransJakarta sedang uji coba teknis bus listrik.Istimewa TransJakarta sedang uji coba teknis bus listrik.

"Soal SPKLU, juga ada rencananya. Berdasarkan diskusi dengan PLN, tahun ini mereka menargetkan sekitar 512 titik yang akan dipasang SPKLU. Sejauh ini sudah ada sekitar 100-an lebih," kata Risal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X