Periode Puncak Lebaran 2021, Pertamina Klaim Penyaluran BBM Lancar

Kompas.com - 22/05/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi SPBU Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menyebut penyaluran bahan bakar minyak atau BBM dan Gas berjalan aman serta lancar di seluruh wilayah sepanjang masa puncak lebaran Idul Fitri 1442 H.

Hal tersebut sebagaimana data yang diperoleh Satgas RAFI (Ramadhan Idul Fitri) sejauh ini, yang sudah beroperasi sejak 26 April hingga 31 Mei 2021 mendatang.

Mereka mencatat, penyaluran BBM pada 16 Mei 2021 atau puncak libur lebaran mencapai 91,1 ribu kilo liter (KL) per hari atau meningkat hingga 8 persen dari rata-rata harian normal, 84,1 ribu KL.

Baca juga: Puncak Arus Balik Mudik Diprediksi Terjadi Mulai Malam Ini

Ilustrasi membeli BBM di SPBU Pertamina dengan aplikasi MyPertaminaDok. Pertamina Ilustrasi membeli BBM di SPBU Pertamina dengan aplikasi MyPertamina

Adapun puncak permintaan BBM terjadi pada tanggal 11 – 12 Mei 2021 dengan konsumsi terbesar adalah Pertalite yang mencapai 70 persen dari total realisasi gasoline.

Berbeda dengan gasoline, konsumsi gasoil (solar) terjadi penurunan 10 persen dari rata-rata harian normal sebesar 38,5 ribu KL menjadi 34,3 ribu KL per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga terjadi pada penyaluran Avtur yang turun 25,6 persen dari rata-rata normal harian 6,5 ribu KL per hari menjadi 4,9 ribu KL per hari.

"Penyaluran energi selama masa puncak lebaran didukung ketersediaan pasokan yang aman dengan ketahanan antara 16 - 73 hari dengan produksi kilang mencapai 857,3 MBSD," kata Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Pertamina Mandalika SAG Team Raih Hasil Positif dari Sesi Tes Pribadi

Penyaluran BBM Pertamina di masa puncak Lebaran 2021PERTAMINA Penyaluran BBM Pertamina di masa puncak Lebaran 2021

"Kelancaran distribusi energi juga dicapai dengan moda transportasi energi yang handal, salah satunya melalui Subholding Shipping yang dapat mengoperasikan kapal sebanyak 255 unit," lanjut dia.

Untuk produk gas sendiri, peningkatan konsumsi terjadi pada LPG sebesar 27,5 ribu Metrik Ton (MT) atau naik 6,3 persen dari penyaluran normal sebesar 25,8 ribu MT.

Sedangkan penyaluran gas nasional sebesar 590 BBtud dimana untuk layanan jaringan gas rumah tangga naik 10-12 persen dengan volume sebesar 8 juta-8,5 juta m³ per hari dalam pemakaian selama masa bulan Ramadhan.

Sepanjang periode Satgas, dalam rangka mengedukasi konsumen, Pertamina juga tetap menjalankan Program Langit Biru yang telah berjalan sejak 2020 serta memberikan harga khusus Berkah Ramadhan bagi produk BBM unggulan.

Untuk meningkatkan pelayanan, lanjut Fajriyah, melalui Subholding Commercial & Trading juga menawarkan program beli Bright Gas #DiRumahAja serta Program Tukar Tabung #KeBrightGasAja dan promo pembelian pelumas.

"Kami berterimakasih kepada masyarakat dan juga seluruh stakeholder atas dukungannya kepada Pertamina sehingga distribusi BBM dan gas selama masa Lebaran berjalan dengan lancar dan dapat terpenuhi dengan baik," ujar Fajriyah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.