Mulai Juni, Sanksi Tarif Parkir Uji Emisi Berlaku di 3 Lokasi Baru

Kompas.com - 22/05/2021, 14:22 WIB
Sanksi tarif uji emisi di DKI Jakarta INSTAGRAM/DINAS LINGKUNGAN HIDUPSanksi tarif uji emisi di DKI Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Juni 2021, Unit Pengelola Parkir Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal memberlakukan pembayaran tarif parkir progresif, atau sanksi tarif parkir tertinggi bagi kendaraan yang belum melakukan uji emisi.

Sejauh ini, ada tiga lokasi yang tengah disiapkan untuk menerapkan sanksi parkir tarif tertinggi, yakni Pasar Kawasan Mayestik, Plaza Intercon Kebon Jeruk, dan Park and Ride Kalideres.

Menurut Kepala Unit Pengelola Parkir Dinas Perhubungan DKI Jakarta Adji Kusambarto, sebelum sanksi tarif parkir diterapkan pihaknya melakukan sosialisasi rencana penerapan tarif parkir tertinggi di tiga lokasi tersebut.

Baca juga: Video Viral, Parkir Motor di Jalur Penyelamat Menantang Bahaya

Kondisi ini dilakukan sekaligus menunggu revisi dari Peraturan Gubernur DKI Jakarta untuk penentuan besaran tarif parkir maksimalnya.

Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Kantor DLH JakartaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Kantor DLH Jakarta

"Untuk mendukung program Langit Biru Jakarta, kita akan terapkan pembayaran tarif parkir tertinggi bagi kendaraan yang belum uji emisi. Bulan depan ada tiga lokasi lagi yang kita terapkan," kata Adji dikutip dari BeritaJakarta, Jumat (21/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Adji menjelaskan bila aturan tarif parkir progresif, sebelumnya sudah diterapkan di tiga lokasi. Mulai dari are Parkir IRTI Monas, Kawasan Blok M, dan Satpas SIM di Daan Mogot.

Dengan adanya sanksi tarif parkir tertinggi, diharapkan ada kesadaran masyarakat untuk segera melakukan uji emisi kendaraannya, terutama yang sudah berusia tiga tahun, baik sepeda motor atau mobil.

Baca juga: Daihatsu Gelar Uji Emisi Drive-Thru Paket Hemat

Uji emisi sepeda motor di bengkel resmi Astra Motor Center JakartaRendra Kusumah Uji emisi sepeda motor di bengkel resmi Astra Motor Center Jakarta

Karena nantinya, sanksi tarif parkir untuk kendaraan yang belum melakukan uji emisi akan diterapkan pada 79 lokasi parkir yang dikelola Pemprov DKI, termasuk lahan parkir pihak ketiga atau swasta seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, dan lainnya.

"Penerapan tarif parkir tertinggi ini juga untuk meminimalisir mobilisasi kendaraan yang belum melakukan uji emisi. Sehingga dapat mengurai kemacetan lalu lintas," ucap Adji.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X