Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Saat Mulai Mengemudi, Anak Kecil yang Masuk Blind Spot Mobil

Kompas.com - 22/05/2021, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian anak kecil yang terlindas mobil beberapa kali terjadi di Indonesia. Anak kecil yang terlindas ini biasanya terjadi dalam kecepatan rendah, alias tidak ngebut atau saat mobil baru mau berjalan.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, kejadian seperti ini marak terjadi di Indonesia. Ada dua penyebab kejadian anak terlindas mobil ini sering terjadi.

“Pertama mengabaikan SOP demi keamanan. Hal ini memang mendasar namun kurang diperhatikan bahkan disepelekan banyak pengemudi,” kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: Begini Cara Menyalip Pakai Mobil Transmisi Matik

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.(SHUTTERSTOCK)KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.(SHUTTERSTOCK)

Banyak yang tidak sadar kalau risiko kecelakaan juga bisa terjadi saat kendaraan baru akan bergerak. Kemudian korbannya pasti anak-anak, hal ini disebabkan mereka yang senang bergerak, kecil dan masuk blind spot pengemudi.

“Dibutuhkan konsistensi untuk melakukan SOP sebelum mulai berkendara. Misalnya, biasakan kelilingi kendaraan sebelum masuk ke kabin. Amati setiap ada pergerakan obyek yang mendekati,” ucap Sony.

Baca juga: Harga Bekas MPV Premium Toyota Alphard, Mepet Innova

Jika memungkinkan, bunyikan klakson, tunggu beberapa detik, baru kendaraan bergerak. Penyebab kedua adalah rasa terburu-buru yang dimiliki pengemudi saat masuk kabin kendaraan.

“Pada situasi terburu-buru, kewaspadaan pengemudi pasti menurun. Sehingga banyak sekali yang diabaikan, termasuk mengecek kondisi sekitar,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com