Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Mesin Mobil Bisa Overheat

Kompas.com - 22/05/2021, 11:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Overheat merupakan kondisi di mana mesin mengalami kenaikan suhu berlebih. Saat terjadiverheat, mesin akan kehilangan tenaga.

Mesin yang mengalami overheat bisa menyebabkan kerusakan parah pada komponen-komponen lainnya di dalam mesin. Jelas hal ini sangat dihindari oleh semua pemilik mobil.

Belum lama ini beredar video di media sosial yang memperlihatkan satu sedan mengalami overheat pada mesinnya. Dalam unggahan video tersebut, terlihat overheat yang terjadi sudah terhitung parah hingga membuat kap mesin gosong.

Baca juga: Awas Salah, Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire

Lantas, mengapa mesin mobil bisa mengalami overheat?

“Paling banyak yaitu kebocoran pada sistem air pendingin yang menyebabkan mesin overheat. Kalau kipas radiator mati, menyebabkan kurangnya aliran udara untuk membantu mendinginkan air radiator,” kata Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, ada kemungkinan lain yang menjadi faktor penyebab overheat. Salah satunya adalah katup thermostat yang macet dalam kondisi tertutup. Katup ini posisinya ada di saluran air pendingin antara mesin dan radiator.

Baca juga: 3 Motor Honda yang Disuntik Mati karena Kurang Laku

“Kalau thermostat macet, maka akan menutup aliran air pendingin sehingga mesin overheating karena tidak ada pendinginan,” kata Suparna.

Lalu, faktor penyebab yang terakhir adalah water pump yang mati atau macet. Kondisi ini akan menyebabkan sirkulasi air dingin berhenti, lantas mesin menjadi lebih cepat panas karena tidak ada air pendingin yang mengalir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com