Kompas.com - 22/05/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi mesin overheat shutterstockIlustrasi mesin overheat

JAKARTA, KOMPAS.com Overheat merupakan kondisi di mana mesin mengalami kenaikan suhu berlebih. Saat terjadiverheat, mesin akan kehilangan tenaga.

Mesin yang mengalami overheat bisa menyebabkan kerusakan parah pada komponen-komponen lainnya di dalam mesin. Jelas hal ini sangat dihindari oleh semua pemilik mobil.

Belum lama ini beredar video di media sosial yang memperlihatkan satu sedan mengalami overheat pada mesinnya. Dalam unggahan video tersebut, terlihat overheat yang terjadi sudah terhitung parah hingga membuat kap mesin gosong.

Baca juga: Awas Salah, Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire

Lantas, mengapa mesin mobil bisa mengalami overheat?

“Paling banyak yaitu kebocoran pada sistem air pendingin yang menyebabkan mesin overheat. Kalau kipas radiator mati, menyebabkan kurangnya aliran udara untuk membantu mendinginkan air radiator,” kata Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, ada kemungkinan lain yang menjadi faktor penyebab overheat. Salah satunya adalah katup thermostat yang macet dalam kondisi tertutup. Katup ini posisinya ada di saluran air pendingin antara mesin dan radiator.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 3 Motor Honda yang Disuntik Mati karena Kurang Laku

“Kalau thermostat macet, maka akan menutup aliran air pendingin sehingga mesin overheating karena tidak ada pendinginan,” kata Suparna.

Lalu, faktor penyebab yang terakhir adalah water pump yang mati atau macet. Kondisi ini akan menyebabkan sirkulasi air dingin berhenti, lantas mesin menjadi lebih cepat panas karena tidak ada air pendingin yang mengalir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.