Catat, Berikut Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling di Serang

Kompas.com - 19/05/2021, 11:02 WIB

SERANG, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan kelengkapan dokumen yang penting dan wajib dimiliki seluruh pengendara kendaraan bermotor. Tanpa memiliki SIM, seseorang belum diperkenankan untuk berkendara di jalan umum.

SIM memiliki masa berlaku. Maka dari itu, jangan sampai masa berlaku tersebut terlewat ketika belum melakukan perpanjangan. Sebab, status SIM bisa jadi kadaluarsa atau mati.

Jika itu terjadi, maka pemilik SIM wajib untuk mengajukan permohonan pembuatan SIM baru. Tentu ini akan menghabiskan banyak waktu karena harus melalui proses pendaftaran, uji teori, hingga uji praktik.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Pajero Final Edition, Dijual Mulai Rp 600 Jutaan

Untuk melakukan perpanjangan SIM, selain mendatangi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di kantor polisi daerah masing-masing, ada pula metode daring menggunakan aplikasi milik Polri. Perpanjangan bisa juga dilakukan di layanan SIM keliling.

Untuk opsi terakhir, masyarakat perlu tahu jadwal dan lokasi pelayanan SIM keliling tersebut. Kali ini Redaksi Kompas.com akan mencantumkan jadwal layanan SIM keliling Kota Serang, Banten untuk minggu ini.

Layanan SIM Keliling di parkiran seberang Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (26/8/2016). Kompas.com/Robertus Belarminus Layanan SIM Keliling di parkiran seberang Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (26/8/2016).

Namun perlu diingat, perpanjangan SIM melalui layanan SIM keliling hanya diperuntukkan untuk SIM A dan SIM C. Biayanya sendiri sebesar Rp 80.000 untuk SIM A dan Rp 75.000 untuk SIM C.

Baca juga: Larangan Mudik Berakhir, Ini Syarat Wajib Perjalanan Keluar Kota

Lalu, pemohon perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP, fotokopi dan kartu asli SIM lama, serta bukti tes kesehatan.

Berikut jadwal dan lokasi layanan SIM keliling di Kota Serang pada minggu ini.

Rabu (19/5/2021)

Depan Mall Ramayana: 08.00-12.00 WIB

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.