Harga Tiket Bus AKAP Jakarta-Purwokerto Usai Larangan Mudik

Kompas.com - 19/05/2021, 10:12 WIB
Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan corona Sumber AlamBus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa berlakunya larangan mudik Lebaran 2021 telah usai, kini bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah dapat beroperasi kembali secara normal.

Namun, masih ada masa pengetatan arus lalu lintas antar daerah yang berlaku hingga 24 Mei mendatang. Masa pengetatan ini berdasarkan pada addendum yang dirilis oleh Satgas Penanganan Covid-19.

Dengan kata lain, meski operasional bus AKAP sudah berjalan kembali, tetap ada pengecekan protokol kesehatan dan kelengkapan dokumen hasil tes negatif Covid-19.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Pajero Final Edition, Dijual Mulai Rp 600 Jutaan

Ilustrasi bus DamriDokumentasi Damri Ilustrasi bus Damri

Untuk bus AKAP trayek Jakarta-Purwokerto, Redaksi Kompas.com telah membuat daftar tarif beberapa bus AKAP dengan kelas layanan eksekutif dan bisnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada PO Sinar Jaya dengan harga tiket Rp 130.000 untuk kelas layanan eksekutif. Fasilitas yang didapatkan penumpang antara lain adalah hand sanitizer dan toilet. 

Titik keberangkatannya ada di Lebak Bulus, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulo Gebang. Sementara titik turun di Sokaraja dan Bulupitu.

Selanjutnya ada PO Sumber Alam yang mematok tarif Rp 160.000 untuk kelas layanan eksekutif. Di dalam bus berkonfigurasi kursi 2-2 ini, penumpang mendapatkan fasilitas seperti makanan, air mineral, selimut dan bantal, serta toilet.

Baca juga: Jakarta Kembali Perpanjang PPKM Mikro, Ganjil Genap Belum Berlaku

Ilustrasi armada bus PO Sinar Jaya Ilustrasi armada bus PO Sinar Jaya

Lalu ada PO Dieng Indah yang memasang tarif lebih tinggi untuk kelas layanan eksekutif, yaitu Rp 250.000. Fasilitas yang didapatkan penumpang tidak jauh berbeda dari bus AKAP milik PO sebelumnya.

Terakhir ada PO Damri dengan harga tiket Rp 150.000 untuk kelas layanan bisnis. Perusahaan milik negara ini memiliki armada bus dengan konfigurasi kursi 2-2. 

Titik keberangkatannya di Pool DAMRI Kemayoran, dan titik turun di Pool DAMRI Purwokerto.

Namun harap diingat, harga yang telah disebutkan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan masing-masing PO. Selain itu, ada pula kemungkinan perbedaan harga antara agen di terminal dengan aplikasi online travel agent (OTA).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X