Berikut Proses Klaim Asuransi Kecelakaan ke Jasa Raharja

Kompas.com - 18/05/2021, 19:21 WIB
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.(SHUTTERSTOCK) KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALIlustrasi kecelakaan lalu lintas.(SHUTTERSTOCK)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini tingkat kecelakaan bermotor di Indonesia masih cukup tinggi, khususnya di kota-kota besar. Bahkan beberapa di antaranya merenggut korban jiwa.

Guna mengurangi beban korban kecelakaan, PT Jasa Raharja (Persero) memberikan perlindungan berupa asuransi melalui Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Asuransi ini secara tak langsung dibayarkan oleh tiap pengendara per-tahunnya. Namun, pemberian dana kecelakaan atau sumbangan pada korban berbeda-beda sebagaimana tercantum UU No. 34 Tahun 1964.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Ini Harga Maung Pindad Versi Sipil

Dalam laman resminya, ada dua program asuransi sosial yang diberikan oleh Jasa Raharja. Pertama adalah Asuransi Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asuransi ini diberikan untuk setiap penumpang sah dari alat angkutan penumpang umum yang mengalami kecelakaan diri, yang diakibatkan oleh penggunaan alat angkutan umum.

Kemudian, Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan Undang-Undang No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Pemberiannya untuk setiap orang yang berada di luar angkutan lalu lintas jalan, yang menjadi korban akibat kecelakaan dari penggunaan alat angkutan lalu lintas jalan.

Dengan kata lain, santunan ini diberikan kepada korban yang mengalami kecelakaan saat menggunakan kendaraan pribadi.

Tapi, jika pengemudi yang mengalami kecelakaan merupakan penyebab terjadinya tabrakan dua atau lebih kendaraan bermotor, maka tidak akan dijamin dalam UU No 34/1964 jo PP no 18/1965.

Baca juga: Plus dan Minus Beli Tiket Bus Secara Online

Petugas jasa Raharja mendata keluarga korban kecelakaan yang akan diberikan santunan, Jumat (16/4/2021)Foto: Jasa Raharja Petugas jasa Raharja mendata keluarga korban kecelakaan yang akan diberikan santunan, Jumat (16/4/2021)

Untuk melakukan klaim asuransi Jasa Raharja, terdapat prosedur pengajuan yang harus diikuti. Berikut langkah-langkahnya:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.