Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2021, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini beredar di media sosial video kecelakaan maut akibat pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm.

Kronologi bermula dari pengendara sepeda motor yang melakukan rem mendadak di jalanan licin. Alhasil ia jatuh terpeleset.

Tragis, ada angkot melaju dari arah berlawanan menabrak kepala si pengendara motor yang terjatuh. Tanpa adanya perlindungan dari helm, pengendara motor tersebut mengalami pendarahan dan meninggal dunia.

Baca juga: Larangan Mudik Berakhir, Ini Syarat Wajib Perjalanan Keluar Kota

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa jika tidak memakai helm, saat terjadi kecelakaan tentunya benturan yang dialami kepala pengendara akan sangat keras. Risiko terparah bahkan bisa mematikan.

Namun ironisnya masih banyak orang yang menganggap pemakaian helm hanya bertujuan untuk menghindari tilang dari polisi yang bertugas.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana menegaskan bahwa penggunaan helm wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi.

Baca juga: Bus AKAP Eka dan Mira Akan Beroperasi Mulai 18 Mei 2021

Agus mengatakan, kurangnya pendidikan tentang keselamatan berkendara bagi para pengendara motor menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan.

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Ia pun menyarankan untuk meningkatkan kesadaran pengendara motor akan pentingnya helm bisa dilakukan dengan pendidikan sejak dini soal keselamatan berkendara di sekolah. Sehingga masyarakat paham pentingnya helm sejak usia belia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.