Polisi Tutup Jalur Puncak, Diarahkan Lewat Jonggol dan Sukabumi

Kompas.com - 16/05/2021, 14:39 WIB
Polisi memutar balik sejumlah kendaraan di jalur Puncak perbatasam Cianjur-Bogor, Minggu (16/5/2021). Penyekatan dilakukan untuk mencegah lonjakan pengunjung wisata di Cianjur. KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANPolisi memutar balik sejumlah kendaraan di jalur Puncak perbatasam Cianjur-Bogor, Minggu (16/5/2021). Penyekatan dilakukan untuk mencegah lonjakan pengunjung wisata di Cianjur.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi menutup sementara jalur Puncak menuju kawasan Cianjur, Jawa Barat guna mencegah kerumunan warga yang berwisata di kawasan tersebut selama libur lebaran, Minggu (16/5/2021).

Dijelaskan KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira, rekayasa penutupan arus menuju Puncak-Cipanas bersifat situasional bila volume kendaraan meningkat tajam di kawasan Puncak menuju Cianjur.

Adapun penutupan jalur ini dimulai dari bundaran Tugu Lampu Gentur By Pass-Cianjur sebagai antisipasi macet total seiring tingginya volume kendaraan wisatawan agar tidak berkerumun.

Baca juga: Boncengan Motor Bawa Keluarga, Pahami Aturan dan Tips Amannya

Polisi memutar balik sejumlah kendaraan di jalur Puncak perbatasam Cianjur-Bogor, Minggu (16/5/2021). Penyekatan dilakukan untuk mencegah lonjakan pengunjung wisata di Cianjur.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Polisi memutar balik sejumlah kendaraan di jalur Puncak perbatasam Cianjur-Bogor, Minggu (16/5/2021). Penyekatan dilakukan untuk mencegah lonjakan pengunjung wisata di Cianjur.

Sementara wisatawan tujuan Bogor di arahkan ke jalur alternatif melalui Jonggol dan juga Sukabumi.

“Sifatnya situasional ketika terjadi lonjakan arus di jalur utama Puncak, kita lakukan sejumlah rekayasa termasuk penutupan jalur sementara. Menjelang siang volume kendaraan di jalur tersebut meningkat tajam,” kata Yudistira.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah arus kembali normal, lanjut dia, maka jalur bakal dibuka seperti biasa. Tetapi bila terjadi antrean terutama ketika tempat wisata mulai tutup maka rekayasa serupa kembali dilakukan.

Adapun selama rekayasa tersebut, Polisi tetap melakukan penyekatan di perbatasan Puncak Pass. Di mana, pengendara dengan nomor polisi luar kota tetap menjalani pemeriksaan.

Mereka akan dikembalikan ke daerah asal jika tidak melengkapi dokumen perjalanan dengan surat keterangan bebas Covid-19 antigen.

Baca juga: Kendaraan Wisatawan Luar Jateng Diputar Balik di Karanganyar

Petugas Satlantas Polres Bogor tampak memprioritaskan rekayasa satu arah atau one way menuju Jakarta untuk mengurangi kemacetan di penghujung arus balik Nataru di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Minggu (3/1/2021)KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Petugas Satlantas Polres Bogor tampak memprioritaskan rekayasa satu arah atau one way menuju Jakarta untuk mengurangi kemacetan di penghujung arus balik Nataru di Simpang Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Minggu (3/1/2021)

“Untuk data sementara, sudah ratusan kendaraan yang dipulangkan karena tidak melengkapi diri dengan surat keterangan bebas Covid-19 antigen," tutur petugas gabungan di pos penyekatan Puncak Pass, Erwin.

"Memasuki H+1 Lebaran, volume kendaraan pendatang mulai berbaur dengan warga lokal, sehingga terlihat kepadatan di sepanjang jalur Puncak-Cipanas,” lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.