Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Peluncuran Yamaha YZF-R7, Bocor Penampakan Aslinya

Kompas.com - 16/05/2021, 11:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, tersebar foto-foto penampakan dari Yamaha YZF-R7. Motor sport ini yang akan menjadi penerus dari YZF-R6 yang sudah disuntik mati.

Dikutip dari Greatbiker.com, Minggu (16/5/2021), Yamaha R7 ini akan meluncur pada 18 Mei 2021. Jelang peluncurannya, sudah bocor foto-foto dari motor sport full fairing tersebut.

Baca juga: Yamaha Rilis Video Pendek, Teaser R7?

Dilihat dari foto-foto yang beredar, Yamaha R7 menggunakan sasis tipe diamond konvensional yang terbuat dari baja. Jika diperhatikan, tidak berbeda dari MT-07.

Yamaha YZF-R7Dok. eppbchannel.com Yamaha YZF-R7

Perbedaannya mungkin ada di bagian subframe. Sebab, bagian jok Yamaha R7 juga dibuat terpisah, tidak menyatu seperti pada MT-07.

Yamaha YZF-R7Dok. eppbchannel.com Yamaha YZF-R7

Di bagian depan, Yamaha R7 ini menggunakan lampu depan tunggal yang skemanya lagi-lagi sama dengan MT-07. Tapi, ada tambahan aksen Daytime Running Lights (DRL) di sisi kanan dan kiri sebagai ciri khas dari Yamaha R-series.

Yamaha YZF-R7Dok. eppbchannel.com Yamaha YZF-R7

Di bagian tengah, terdapat lampu utama dengan model proyektor yang pastinya juga sudah mengadopsi teknologi LED.

Di samping kanan dan kirinya, terdapat lubang yang diyakini sebagai lubang untuk Ram Air atau Ram Air Intake.

Baca juga: Penampakan Lampu YZF-R7 yang Bakal Meluncur

Di bagian suspensinya, motor ini juga sudah mengandalkan suspensi depan tipe upside down. Suspensi tipe ini menawarkan kestabilan yang lebih baik saat kecepatan tinggi dan membuat stabilitas pengereman juga lebih maksimal.

Pada bagian buritan, terdapat lubang yang memberikan kesan aerodinamis. Desain ini juga digunakan pada R-series lainnya.

Mesin crossplane 2-silinder (CP2) milik Yamaha YZF-R7Dok. eppbchannel.com Mesin crossplane 2-silinder (CP2) milik Yamaha YZF-R7

Belum ada detail lebih jauh mengenai spesifikasi. Namun, kabarnya mesin yang digunakan juga berbasis dari MT-07, yakni mesin crossplane 2-silinder (CP2). Mesinnya memiliki kapasitas 689 cc.

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut mampu mencapai 73,5 tk pada 9.000 rpm. Sementara untuk torsinya, bisa mencapai 68 Nm pada 6.500 rpm.

Transmisinya sendiri menggunakan manual dengan 6-percepatan dan kabarnya juga akan disematkan fitur quickshifter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com