Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Tutup Jalur Puncak, Diarahkan Lewat Jonggol dan Sukabumi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi menutup sementara jalur Puncak menuju kawasan Cianjur, Jawa Barat guna mencegah kerumunan warga yang berwisata di kawasan tersebut selama libur lebaran, Minggu (16/5/2021).

Dijelaskan KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira, rekayasa penutupan arus menuju Puncak-Cipanas bersifat situasional bila volume kendaraan meningkat tajam di kawasan Puncak menuju Cianjur.

Adapun penutupan jalur ini dimulai dari bundaran Tugu Lampu Gentur By Pass-Cianjur sebagai antisipasi macet total seiring tingginya volume kendaraan wisatawan agar tidak berkerumun.

Sementara wisatawan tujuan Bogor di arahkan ke jalur alternatif melalui Jonggol dan juga Sukabumi.

“Sifatnya situasional ketika terjadi lonjakan arus di jalur utama Puncak, kita lakukan sejumlah rekayasa termasuk penutupan jalur sementara. Menjelang siang volume kendaraan di jalur tersebut meningkat tajam,” kata Yudistira.

Setelah arus kembali normal, lanjut dia, maka jalur bakal dibuka seperti biasa. Tetapi bila terjadi antrean terutama ketika tempat wisata mulai tutup maka rekayasa serupa kembali dilakukan.

Adapun selama rekayasa tersebut, Polisi tetap melakukan penyekatan di perbatasan Puncak Pass. Di mana, pengendara dengan nomor polisi luar kota tetap menjalani pemeriksaan.

Mereka akan dikembalikan ke daerah asal jika tidak melengkapi dokumen perjalanan dengan surat keterangan bebas Covid-19 antigen.

“Untuk data sementara, sudah ratusan kendaraan yang dipulangkan karena tidak melengkapi diri dengan surat keterangan bebas Covid-19 antigen," tutur petugas gabungan di pos penyekatan Puncak Pass, Erwin.

"Memasuki H+1 Lebaran, volume kendaraan pendatang mulai berbaur dengan warga lokal, sehingga terlihat kepadatan di sepanjang jalur Puncak-Cipanas,” lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/16/143935515/polisi-tutup-jalur-puncak-diarahkan-lewat-jonggol-dan-sukabumi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke