Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Wisatawan Luar Jateng Diputar Balik di Karanganyar

Kompas.com - 16/05/2021, 11:01 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah mulai ramai dipadati wisatawan yang akan melakukan libur lebaran.

Sebanyak 15 wisatawan asal luar Jawa Tengah diminta untuk putar balik di pos penyekatan Cemara Kandang yang merupakan perbatasan antar Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kepala pos pengamanan dan penyekatan Cemara Kandang, Ipda Teguh Sarwono mengatakan peningkatan arus kendaraan mulai terjadi di pos penyekatan, Jumat (14/5/2021). Kendaraan di dominasi oleh warga yang akan berwisata ke Tawangmangu.

Baca juga: Ini Syarat Keluar Kota Pakai Kendaraan Umum dan Pribadi Mulai 18 Mei 2021

"Sesuai aturan, masyarakat yang boleh melintas hanya pelaku ekonomi yang membawa surat tugas atau surat perjalanan. Wisatawan dan pemudik dari luar Jateng tidak diperbolehkan melintas dan diharuskan untuk putar balik," kata Teguh dalam keterangan resmi, Jumat (14/52021).

Simpang tiga Keprabon, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten KaranganyarFirmansyah Simpang tiga Keprabon, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar

Lima Belas kendaraan yang diminta putar balik merupakan wisatawan dari luar Jawa Tengah yang akan berwisata ke Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Karena yang boleh melakukan wisata hanya untuk wilayah aglomerasi, maka wisatawan dari luar daerah dihimbau untuk tidak melakukan wisata di Karanganyar.

Peraturan di tempat wisata juga diperketat sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Pengunjung diwajibkan untuk memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan untuk jumlah pengunjung di tempat wisata juga akan dibatasi.

Baca juga: Masuk Jakarta Akan Diperketat, Ingat Lagi 17 Cek Poin di Jabodetabek

Polres Karanganyar mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan wisata untuk tetap melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah persebaran virus Covid-19.

Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, pos penyekatan di pintu Suramadu sisi Surabaya dipenuhi dengan pengendara sepeda motor yang hendak melaju ke arah Madura, Rabu (12/5/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, pos penyekatan di pintu Suramadu sisi Surabaya dipenuhi dengan pengendara sepeda motor yang hendak melaju ke arah Madura, Rabu (12/5/2021).

Untuk menghindari kemacetan, Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko sudah mempersiapkan rencana untuk sistem buka tutup arus lalu lintas.

Untuk jalur utara atau dari Karangpandan-Tawangmangu akan dibuat satu arah jika terjadi kemacetan. Sedangkan untuk arah sebaliknya akan dialihkan menuju Matesih.

Baca juga: Ingat Ada Penyekatan di Puncak, Selain Pelat F Kendaraan Diminta Putar Balik

Upaya buka tutup di Karanganyar akan diterapkan secara kondisonal dengan melihat situasi arus lalu lintas di lapangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan di daerah puncak yang membahayakan bagi kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com