Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Tjipto G.M Rilis Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Kompas.com - 11/05/2021, 15:09 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa pandemi seperti saat ini memang beberapa PO bus menahan untuk membuat bus baru. Namun ada juga yang merilis bus barunya dari karoseri tepat sebelum lebaran 2021.

Misalnya seperti PT Kemenangan Tjipto GM (PO Tjipto G.M) yang baru saja merilis satu bus terbarunya dari karoseri Tentrem di Malang. Bodi yang dipakai adalah Avante H8 dengan sasis Mercedes Benz OH 1526.

Untuk bagian eksteriornya, Avante H8 yang memiliki tampilan khas ini dikelir dengan warna hitam dengan livery berwarna merah.

Bahkan untuk bagian selendang yang menyambung sampai bando, dikelir dengan warna merah terang.

Baca juga: Peresmian Tim VR46 dan Ducati Digelar di Le Mans?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

“Untuk fasilitasnya, sudah menggunakan bangku dengan leg rest serta toilet di kabinnya,” ucap Dimas Raditya, Sales Staff karoseri Tentrem kepada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

PO Tjipto G.M ini sebenarnya sudah diambil alih oleh PO Kemenangan. Menurut berbagai sumber, PO Tjipto merupakan saingan berat dari AKAS Group pada periode 1980-1990-an.

Baca juga: Kebiasaan Jepang, Pakai Lampu Hazard untuk Bilang Terima Kasih

Saat itu, PO Tjipto terkenal dengan busnya yang berkelir silver dengan livery garis berwarna biru ini terkenal akan kenyamanannya. Namun ketika masuk tahun 2000, PO Tjipto mulai memudar.

Walaupun sudah diturunkan ke generasi penerusnya, PO Tjipto tetap tidak bisa bertahan. Lalu tahun 2015, PO Tjipto diakuisisi oleh PO Kemenangan dan sekarang terkenal dengan sebutan PO Tjipto G.M.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com