Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggu Hadirnya Bus Baru dari Karoseri Laksana dan Tentrem

Kompas.com - 10/05/2021, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Walaupun kondisi di Indonesia masih pandemi, berbagai karoseri terus berinovasi. Salah satu inovasinya yaitu dengan merilis berbagai varian baru dari line up yang sudah ada.

Misalnya saja karoseri Laksana asal Ungaran yang belum lama ini melakukan update pada varian suites classnya.

Saat ini suites class buatan Laksana sudah memiliki detail eksterior baru dan kabinnya kini bisa diisi 22 bangku sleeper.

Selain itu, Laksana sebelumnya pernah menyebar teaser bodi bus terbaru. Tepatnya bocoran desain bus baru ini diunggah ke Instagram resmi karoseri Laksana pada awal Maret 2021, namun sampai saat ini masih belum rilis juga.

Baca juga: Warga Jakarta Boleh ke Bodetabek atau Sebaliknya, Asal Bukan Mudik

Bocoran Avante D1Instagram/populace_republictransport_ltd Bocoran Avante D1

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan untuk estimasi awalnya, bus terbaru ini akan rilis di akhir Maret. Namun karena terkendala pandemi dan sempat ada event desain livery dan interior bus, jadi harus diundur.

“Model terbaru ini city bus, namun bukan cityline4. Pokoknya desain modern terbaru dari Laksana,” ucap Werry kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain karoseri Laksana, bocoran bus baru dari karoseri Tentrem juga sempat tersebar di media sosial. Saat itu ada dua desain bus besar baru dari Tentrem, pertama ada Avante D1 dan Avante H9 Priority.

Baca juga: Pemudik Terobos Pos Penyekatan, Petugas Kalah Jumlah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by freshbus (@freshbus)

 

Untuk Avante D1, sudah tersebar juga bocoran yang sedang diproduksi di karoseri. Dari foto yang diunggah akun Fresh Bus di Instagram, PO Harapan Jaya menjadi yang pertama memakai bodi Avante D1 ini.

Secara desain, Avante D1 menerapkan model bus low drive, alias kabin pengemudi di bawah bersama bagasi dan semua penumpang ada di atas.

Nantinya Avante D1 bisa jadi pesain Jetbus 3+ UHD yang saat ini bermain sendiri di kelas bus low drive.

Sedangkan Avante H9 Priority merupakan bus dengan kabin individu dan mewah. Belum ada bocoran mengenai siapa yang pertama memakai bodi ini. Selain itu, belum ada juga bocoran foto mengenai bus baru karoseri Tentrem ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com