5 Hari Penyekatan, 104.000 Kendaraan Dipaksa Putar Balik Polisi

Kompas.com - 11/05/2021, 04:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengungkapkan, tercatat 104.000 kendaraan bermotor yang dipaksa putar balik dalam lima hari Operasi Ketupat 2021 serta penyekatan larangan mudik Lebaran.

Angka ini didapat berdasarkan akumulasi di seluruh titik pos penyekatan sepanjang Kamis (6/5/2021) hingga Senin (10/4/2021). Sehingga secara umum keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran lalu lintas nasional terkendali.

“Selama 5 hari ini untuk putar arah lebih kurang 104.000 kendaraan kita putar balik. Kemudian situasi sejauh ini dapat terkelola dengan baik dan maksimal," katanya dalam keterangan tertulis, Senin.

Baca juga: Jasa Marga Prediksi Besok Jadi Puncak Arus Mudik

Pantauan lalu lintas di jalan tolDOC DITJEN PERHUBUNGAN DARAT Pantauan lalu lintas di jalan tol

"Hal tersebut berkat kerjasama semua intansi terkait dan dinamika operasi di lapangan. Fluktuasi kita bisa kelola secara sinergis berkesinambungan,” kata Istiono.

Khusus pada hari ini (10/4/2021), Istiono menyampaikan ada penurunan volume kendaraan sebanyak 60 persen yang menuju ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta sekitar 70 persen yang menuju arah Jawa Barat.

“Sementara yang mengarah ke Sumatra lebih kurang turun 41 persen,” ucap dia.

Adapun jenis kendaraan yang melintas, hingga kini masih didominasi oleh kendaraan angkutan barang atau logistik. Sedangkan yang diputarbalik karena terindikasi mudik berjumlah 23.000 kendaraan.

Baca juga: Imbas Larangan Mudik Lebaran 2021, Karoseri Bus Sepi Lagi

pantauan lalu lintas di jalan tolDOC DITJEN PERHUBUNGAN DARAT pantauan lalu lintas di jalan tol

“Arus masih banyak didominasi oleh angkutan barang. Kemudian putar balik arah Hari ini lebih kurang 23.000 kendaraan,” ucap jenderal bintang dua ini.

Diketahui, Operasi Ketupat 2021 dilaksanakan sejak 6-17 Mei seiring dengan adanya kebijakan peniadaan mudik. Untuk itu, Korlantas Polri memetakan 381 titik penyekatan untuk menghalau pemudik.

Seluruh kendaraan yang melintas bakal dilakukan pengecekkan oleh petugas di tiap titik tersebut. Bagi yang terindikasi untuk mudik, bakal diputar balik ke titik awal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.