Imbas Larangan Mudik Lebaran 2021, Karoseri Bus Sepi Lagi

Kompas.com - 10/05/2021, 16:01 WIB
Bus AKAP Avante H8X Rully NoviantoBus AKAP Avante H8X

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah sudah menerapkan aturan larangan mudik pada periode 6 – 17 Mei 2021. Larangan ini berlaku pada semua moda transportasi, salah satunya bus AKAP.

Bus AKAP sebenarnya tetap boleh beroperasi, namun hanya untuk mengangkut penumpang dengan keperluan selain mudik dan mendesak. Larangan mudik ini ternyata secara tidak langsung juga memengaruhi karoseri pembuat bodi bus.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, pasar karoseri bus jadi lesu lagi setelah muncul aturan mengenai larangan mudik lebaran 2021.

Baca juga: Mobil Ini Kabur dan Tabrak Polisi di Pos Penyekatan Mudik

Fasilitas perakitan bus Karoseri Laksana di Ungaran, Semarang, Jawa TengahKOMPAS.com/Dio Fasilitas perakitan bus Karoseri Laksana di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah

“Kemarin Maret-April sudah mulai naik, pergerakan bus sudah mulai bagus, pariwisata mulai jalan, pas pembatasan mudik langsung drop,” kata Werry kepada Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Werry mengatakan, kondisi di karoseri Laksana saat ini sangat sepi. Begitu juga yang dikatakan oleh Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya. Dimas mengatakan kalau pemesanan bus baru saat ini sangat lesu.

“Pesanan baru memang ada saja, cuma ya tertentu. Selain itu juga PO bus mempertimbangkan lagi ingin melanjutkan pembuatan bodi atau tidak,” kata Dimas.

Baca juga: Promo Brio Satya di Solo, Diskon DP Rp 6 Juta

Dimas mengatakan, karoseri selalu konfirmasi kepada PO pemesan bodi bus apa langkah selanjutnya ketika masa sulit seperti sekarang. Melihat dari kejadian larangan mudik tahun lalu, beberapa PO bus memilih untuk stop dahulu proses pembuatan busnya di karoseri.

“Kita pasti konfirmasi, agar manajemen di karoseri juga maksimal untuk alokasi personil dan lemburnya biar pasti,” ucap Dimas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X