Jasa Marga Prediksi Besok Jadi Puncak Arus Mudik

Kompas.com - 10/05/2021, 15:01 WIB
Situasi pengendara keluar masuk dari Gerbang Tol Cikampek Utama, Jakarta, Sabtu (1/8/2020). Dokumentasi Humas Jasa MargaSituasi pengendara keluar masuk dari Gerbang Tol Cikampek Utama, Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga selaku perusahaan pengelola jalan tol di Indonesia memprediksi bahwa puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada Selasa (11/5/2021) besok.

Diperkirakan ada sekitar 109.327 kendaraan yang bakal keluar dari Jabodetabek melalui berbagai gerbang tol (GT) baik dari arah barat, timur, maupun selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Atika Dara Prahita, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga dalam konferensi pers Kesiapan Layanan Operasi Idul Fitri 1442 Hijriah/Tahun 2021, Selasa (04/05/2021).

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan via Online, Mending Pakai Si-Ondel atau E-Samsat?

"Kami memprediksi pada puncaknya itu tanggal 11 Mei 2021 atau H-2 Lebaran (2021)," kata Atika.

Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020.ANTARA FOTO/FAUZAN Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020.

Beberapa gerbang tol (GT) utama yang akan dijadikan sebagai angka kumulatif arus lalu lintas di antaranya adalah GT Cikupa (arah barat), GT Ciawi (arah selatan), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah timur).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jasma Marga telah melakukan berbagai strategi guna menghadapi puncak arus mudik pada masa peniadaan mudik Lebaran 2021 ini. Pemasangan CCTV di berbagai titik penyekatan jadi salah satunya.

Baca juga: Catat Ini Waktu Dispensasi Bayar Pajak Kendaraan

Selain itu, dilakukan pula pemantauan arus lalu lintas melalui udara (highway sky patrol) bekerjasama dengan Indonesia Flying Club (IFC).

Lalu, sosialisasi larangan mudik dan pengetatan perjalanan antar daerah kepada para pengguna jalan tol selalu dilakukan melalui variable message sign (VMS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.