Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Prediksi Besok Jadi Puncak Arus Mudik

Kompas.com - 10/05/2021, 15:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga selaku perusahaan pengelola jalan tol di Indonesia memprediksi bahwa puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada Selasa (11/5/2021) besok.

Diperkirakan ada sekitar 109.327 kendaraan yang bakal keluar dari Jabodetabek melalui berbagai gerbang tol (GT) baik dari arah barat, timur, maupun selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Atika Dara Prahita, Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga dalam konferensi pers Kesiapan Layanan Operasi Idul Fitri 1442 Hijriah/Tahun 2021, Selasa (04/05/2021).

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan via Online, Mending Pakai Si-Ondel atau E-Samsat?

"Kami memprediksi pada puncaknya itu tanggal 11 Mei 2021 atau H-2 Lebaran (2021)," kata Atika.

Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020.ANTARA FOTO/FAUZAN Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020.

Beberapa gerbang tol (GT) utama yang akan dijadikan sebagai angka kumulatif arus lalu lintas di antaranya adalah GT Cikupa (arah barat), GT Ciawi (arah selatan), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah timur).

Jasma Marga telah melakukan berbagai strategi guna menghadapi puncak arus mudik pada masa peniadaan mudik Lebaran 2021 ini. Pemasangan CCTV di berbagai titik penyekatan jadi salah satunya.

Baca juga: Catat Ini Waktu Dispensasi Bayar Pajak Kendaraan

Selain itu, dilakukan pula pemantauan arus lalu lintas melalui udara (highway sky patrol) bekerjasama dengan Indonesia Flying Club (IFC).

Lalu, sosialisasi larangan mudik dan pengetatan perjalanan antar daerah kepada para pengguna jalan tol selalu dilakukan melalui variable message sign (VMS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com