Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Motor Listrik, Baran Energy juga Sudah Siapkan Mobil Listrik

Kompas.com - 14/04/2021, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan startup elektrifikasi lokal Indonesia, Baran Energy, baru saja meluncurkan motor listrik, yakni Anubis Cruisercross. Ternyata, perusahaan juga sudah menyiapkan mobil listrik untuk menyusul kemudian.

CEO Baran Energy Victor Wirawan mengatakan, untuk tahap awal perusahaan telah menyiapkan satu unit mobil listrik. Tapi, dia belum mau umumkan detailnya.

Baca juga: Anubis Meluncur, Motor Listrik Lokal Bergaya Naked Adventure

"Itu keren sekali, saya bela-belain beli Tesla Model S. Saya bongkar, terus saya konversi ke mobil klasik. Itu nanti sebagai proven concept. Kalau tidak ada proven concept, buat apa bikin bagus-bagus kalau nanti tidak ada peminatnya," ujar Victor, di sela-sela peluncuran Anubis Cruisercross, di Sirkuit Sentul, Bogor, Senin (12/4/2021).

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum hadir dalam peluncuran motor listrik adventure, Anubis Cruisercross, buatan Baran EnergyKompas.com/Donny Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum hadir dalam peluncuran motor listrik adventure, Anubis Cruisercross, buatan Baran Energy

Victor menambahkan, pihaknya juga akan bikin mobil listrik sendiri dari Baran EV. Tapi, bukan mobil klasik, melainkan mobil sport listrik.

"Jadi, pakai empat motor 1.500 tk. Kita akan ikut pameran di Jerman dan Italia akhir tahun nanti. Modelnya masih rahasia," kata Victor.

Baca juga: Motor Anubis Cruisercross Bisa Jadi Cadangan Listrik untuk Rumah

Sejauh ini, belum ada yang menjual mobil listrik selain dari pabrikan otomotif besar, seperti BMW, Lexus, Tesla, Hyundai, dan Toyota.

Sementara motor listrik yang sudah lebih dahulu meluncur, Baran Energy membanderol Anubis Cruisercross Rp 300 juta (off the road). Selain itu, motor ini dipasarkan dengan konsep limited, hanya 50 unit dan mulai pengiriman  ke konsumen, Januari 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com