Jadi Sopir Bajaj Dadakan, Jajal Piaggio Ape City di IIMS Hybrid 2021

Kompas.com - 21/04/2021, 14:01 WIB
Piaggio Ape City Foto: RidwanPiaggio Ape City
|

JAKARTA, KOMPAS.com - IIMS Hybrid 2021 menyediakan arena test ride untuk berbagai merek dan jenis motor. Tapi selain motor rupanya terselip kendaraan roda tiga, Piaggio Ape.

Kendaraan niaga yang punya tampang mirip Bajaj ini dibawa oleh PT Maha Era Motor. Ada beberapa model yang dipajang, tapi Kompas.com mencoba Piaggio Ape City.

Baca juga: Harapan Operator Bus, Sanksi Dibuat untuk Hilangkan Pelanggaran

Piaggio Ape CityFoto: Ridwan Piaggio Ape City

Sesuai namanya Ape City dirancang untuk alat angkut orang di perkotaan. Skemanya persis Bajaj. Pengendara di depan dan dua penumpang duduk di belakang.

Saat melihatnya, tampilan Ape City cukup unik. Mirip Bajaj tapi lebih manis dengan detail yang lebih rapih. Kombinasi warnanya menarik, ditambah atapnya kanvas warna putih.

Piaggio Ape CityKOMPAS.com/Gilang Piaggio Ape City

Duduk di kursi depan, sandaran joknya kaku tapi punya busa yang cukup empuk. Setirnya ala setang Vespa jadul dan berada di tengah.

Dasboardnya cukup sederhana yakni speedometer dan fuel meter. Di bagian kiri ada tombol untuk mengaktifkan lampu hazard dalam kondisi darurat dan wiper depan.

Di bagian bawah setang ada tiga tuas. Terdiri dari dua tuas kecil, yakni tuas RC buat gigi mundur dan choke. Kemudian tuas besar sewarna bodi untuk rem parkir.

Baca juga: 4 Builder Bali Ramaikan Yard Built Indonesia

Piaggio Ape CityKOMPAS.com/Gilang Piaggio Ape City

Tidak ada tuas rem di setang. Tugas pengereman ada di kaki. Tapi di bagian setang kiri tetap ada tuas buat kopling sekaligus pindah gigi. Pengoperasiannya sama seperti Vespa 2-tak.

Saat pertama mencoba terasa bodinya cukup panjang. Setidaknya lebih panjang ketimbang Bajaj warna oranye berknalpot "ngebul" yang sempat populer di Jakarta.

Piaggio Ape CityFoto: Ridwan Piaggio Ape City

Saat melaju di jalan konblok JIExpo Kemayoran yang tidak rata bodinya sedikit berayun. Saat belok pun cukup "kagok" karena main setang tanpa bodi.

Saat belok bodinya terasa membuang karena tidak biasa. Tapi begitu sudah lewat satu belokan sudah lebih percaya diri menekuk setang.

Piaggio Ape CityFoto: Ridwan Piaggio Ape City

Baca juga: Kemenhub Catat Angka Kecelakaan Bus dan Truk Terus Meningkat

Saat melewati speedbump suspensinya cukup empuk untuk ukurannya. Jok belakangnya juga cukup nyaman. Jadi dua rekan yang duduk di belakang tidak ada yang protes.

Piaggio Ape CityFoto: Ridwan Piaggio Ape City

Sang penjaga area test ride tidak punya brosur spesifikasi Ape City. Namun mengatakan mesinnya berkubikasi 200 cc. Lisensi Italia tapi diproduksi di India.

Khusus selama IIMS Hybrid 2021 berlangsung Ape City dijual Rp 75 juta dari harga aslinya Rp 90 juta. Harga tersebut sudah dengan surat jalan alias on the road (OTR).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X