Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Pastikan Indonesia Gelar MotoGP Mandalika dan Superbike

Kompas.com - 19/04/2021, 14:02 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gelaran Superbike dan MotoGP di Mandalika, Lombok, dipastikan terlaksana meski pembangunan sirkuit saat ini masih belum rampung.

Hal ini dipastikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno hadir dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, Minggu (18/4/2021).

Sandi mengatakan, dalam waktu dekat Indonesia telah dijadwalkan untuk menggelar sejumlah event berskala internasional.

Di sektor otomotif, bakal ada balap Superbike pada November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

Baca juga: PO ANG, Pemain Baru Bus AKAP Jakarta - Padang

Tiga pebalap yang finish terdepan saat Race 1 World Superbike (WorldSBK) seri pertama di Sirkuit Philip Island, Australia, Sabtu (29/2/2020). Ketiganya adalah Toprak Razgatlioglu (biru, kiri), Alex Lowes (hijau, tengah) dan Scott Redding (merah, kanan).www.worldsbk.com Tiga pebalap yang finish terdepan saat Race 1 World Superbike (WorldSBK) seri pertama di Sirkuit Philip Island, Australia, Sabtu (29/2/2020). Ketiganya adalah Toprak Razgatlioglu (biru, kiri), Alex Lowes (hijau, tengah) dan Scott Redding (merah, kanan).

“Ini akan kita akan bawa ke level rapat terbatas, kita pastikan kesiapan kita,” ujar Sandi, kepada wartawan di Jakarta (18/4/2021).

“Jadi mudah-mudahan ini akan menggeliatkan, karena pemerintah sendiri sudah me-launching Kharisma Event Nusantara yang mendorong penyelenggaraan event di Tanah Air,” kata dia.

Bersama dengan itu, Sandi menggagas wisata berbasis otomotif di sejumlah daerah melalui program Wonderful Ride Indonesia yang diinisiasi Perhimpunan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI).

Baca juga: PO Gunung Harta Rilis 4 Bus Baru, 2 Double Decker dengan Bangku 1-1-1

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kanan) memimpin balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao pada 18 April 2021.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kanan) memimpin balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao pada 18 April 2021.

Sandi juga mengatakan, terdapat korelasi yang kuat antara dunia otomotif dengan pariwisata Indonesia.

"Kita ingin perluas bahwa minat khusus sekarang tumbuh, misalnya di Purworejo dekat Borobudur akan ada MX GP, ini tingkat dunia,” ucap Sandi.

“Terus di Mandalika akan ada MotoGP mestinya Oktober tapi diundur Maret tahun depan, tapi akan ada Superbike yang dilaksanakan pada November," tuturnya.

Baca juga: Hamyak, Tank Mini dari Rusia

Kejuaraan dunia motocross MXGP 2018 berlangsung di Semarang, Jawa Tengah.Dok. MXGP Kejuaraan dunia motocross MXGP 2018 berlangsung di Semarang, Jawa Tengah.

Selain itu, Kemenparekraf bersama Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) juga mengampanyekan penggunaan kendaraan listrik di berbagai di destinasi.

“Jadi kita bikin wonderful ride Indonesia. Karena memang eksostisme dari destinasi-destinasi yang sangat unik itu hanya bisa dijangkau dengan otomotif, dan mobil listrik, mobil off road yang unik, ini sangat diminati para anggota pelaku pariwisata dan anggota komunitas otomotif," kata Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com