Mudah Merawat Baterai Mobil Listrik, Cukup Perhatikan 2 Hal Ini

Kompas.com - 19/04/2021, 11:21 WIB
Mitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019. Gilang Satria/Kompas.comMitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baterai mobil listrik merupakan salah satu komponen yang sangat vital dan mahal harganya. Untuk itu, perlu perawatan yang baik dan benar.

Meski demikian, tidak perlu khawatir, karena perawatan baterai mobil listrik tidak sulit. Pengguna mobil listrik cukup memperhatikan tempat penyimpanan dan kapasitas baterai.

Baca juga: Saingi Hyundai Kona Electric, MG Motor Kenalkan Mobil Listrik ZS EV

Salah satu mobil yang sudah diluncurkan dan juga menggunakan baterai adalah Mitsubishi Outlander PHEV. Meskipun, mobil tersebut bukan mobil listrik sepenuhnya.

Bagian sasis, mesin, motor elektrik, baterai dari Mitsubishi Outalder PHEV.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Bagian sasis, mesin, motor elektrik, baterai dari Mitsubishi Outalder PHEV.

"Mitsubishi Outlander PHEV menggunakan baterai dengan tipe Li-ion, karena itu untuk merawat baterai secara maksimal sebisa mungkin hindari memarkir kendaraan di lokasi dengan temperatur tinggi (panas) dan terkena sinar matahari langsung," ujar Head of After Sales Service Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Boediarto, dalam keterangan resminya.

Selain memperhatikan lokasi parkirnya, Boediarto menambahkan, untuk penggunaan sehari-hari, pemilik PHEV juga wajib menjaga kapasitas baterainya. Jangan dibiarkan kosong dan minimal dalam kondisi persentase sedang.

Baca juga: DFSK Berencana Produksi Mobil Listrik di Indonesia

"Sebaliknya, pemilik kendaraan juga tidak disarankan menyimpan baterai dalam kondisi penuh untuk jangka waktu yang lama," kata Boediarto.

Bodiearto mengatakan, setiap pembelian Outlander PHEV, konsumen sudah mendapatkan jaminan berupa garansi baterai selama 3 tahun atau 100.000 km, merujuk pada ketentuan di service manual book.

Jeroan Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Jeroan Mitsubishi Outlander PHEV di GIIAS 2019.

Saat ini, Mitsubishi Outlander PHEV dibanderol Rp 1,31 miliar (OTR Jakarta). Tapi, selama penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, mobil ini didiskon hingga Rp 421 juta dengan ketentuan berlaku.

Jadi, selama IIMS Hybrid 2021, banderol Outlander PHEV ada di angka Rp 890 juta (OTR Jakarta). Pembelian tersebut sudah termasuk berbagai program yang mengikat atas kendaraan baru dari Mitsubishi Indonesia seperti garansi hingga 5 tahun, servis berkala, dan lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X