Intip Progres Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia

Kompas.com - 17/04/2021, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika, Lombok, masih dalam tahap pengerjaan. MotoGP pun dipastikan mundur dan rencananya akan digelar Maret 2022.

Belum lama ini, pihak Dorna Sports dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sudah meninjau Sirkuit Mandalika. Disebutkan bahwa pengerjaannya sudah mencapai 70 persen.

Baca juga: Jokowi Sebut Pameran Otomotif Dorong Kesiapan MotoGP Mandalika

Sirkuit Mandalika sedang mengerjakan pengaspalan lapisan pertama (AC Base) di beberapa ruas lintasan. Masih ada pekerjaan rumah melakukan pengaspalan lapisan kedua (AC Binder) hingga lapisan terakhir (surface SMA).

Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit MandalikaDok. MGPA Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @motogp, terlihat perkembangan pembangunan sirkuit memang belum sepenuhnya selesai, baik untuk trek maupun area sekitarnya.

Video yang sudut pengambilan gambarnya dari atas ini juga dapat menunjukkan karakter dari Mandalika International Street Circuit. Cukup banyak trek lurusnya, tapi tikungan yang diberikan juga cukup menantang.

Baca juga: MotoGP Mandalika Akan Jadi Salah Satu GP Paling Ikonik

Total tikungannya sendiri mencapai 17 tikungan dengan 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Namun, belum diketahui tingkat elevasinya seperti apa.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, mengatakan, pihaknya dapat memastikan bahwa Mandalika International Street Circuit akan menjadi salah satu venue terpenting di kalender ke depannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP (@motogp)

"Kami juga tahu bahwa pendukung dari Indonesia akan hadir secara masif dan balapan yang digelar akan menjadi salah satu yang paling ikonik sepanjang musim," ujar Ezpeleta, dikutip dari MotoGP.com, Sabtu (17/4/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.